2 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

Desa Cikandang Membuat Generasi Muda Login Sementara Desa Lain Logout


Hai anak muda Indonesia, Ayo bangun desa masing masing mumpung anda masih muda. Jangan diam saja tidak punya program membangun desa, hanya menunggu diajak oleh kepala desa. Sudah tidak jaman lagi jika anak muda menunggu diajak,  disuruh, atau menunggu diberi kegiatan dan anggaran oleh kepala desa atau pemda.

Anak muda sumber semangat muda,  gagasan, inspirasi dan harapan untuk membangun bangsa. Jika anak muda bergerak dan bersatu, banyak masalah di negeri ini akan selesai. 

Gak ada baiknya sekedar menunggu sambil sibuk membaca buku tentang rasa peduli

Anak muda Indonesia akan lebih keren jika  proaktif.  Pemuda bisa mewarnai dan menjadi penggerak kehidupan desa.  Jangan sampai habis waktu menunggu,  karena waktu adalah kesempatan besar. 

 

Banyak anak muda Indonesia ragu bergerak aktif membangun karena tidak enak hati.  Mereka segan karena merasa tidak dipercaya.   Mari bangun dialog dengan kepala desa, tokoh masyarakat, atau bahkan komunitas peduli.    

Kuncinya adalah jangan tergantung dari siapapun, termasuk tergantung dari kepala desa.


Tidak semua Kades keren, Banyak Kades  tidak mempunyai kemampuan dan bahkan idea membangun generasi muda.   Sangat boleh jadi Kades di desa anda kurang mempunyai inisiatif.  Nah ada baiknya kita mengenali ciri ciri Kades kurang inisiatif: 

1.       Tidak pernah ngajak rapat generasi muda dalam musyawarah desa

2.       Kalau diminta anggaran untuk kegiatan anak muda selalu banyak alasan

3.       Anggaran untuk kegiatan anak anak sangat sedikit dibandingkan anggaran untuk pembangunan fisik

4.       Kades jarang masuk ke forum forum anak muda dan meminta saran masukan apalagi memberikan chalenge dan hadiah bagi anak muda berprestasi

5.       Kalau ditanya tentang program untuk anak muda, jawabannya muter muter, dan banyak mengeluh serta mengungkapkan kendala kendala.

Apakah kepala desa anda termasuk dalam kades yang seperti itu?

Jika desa anda kurang inisiatif, berarti anda harus bergerak sendiri.  Jika anak muda turun membangun desa, maka  gerakan muda  akan menjadi viral,  menjadi insprasi untuk desa lain. 

Mungkin ada yang bingung Bagaimana caranya.  Anak muda bisa belajar dari Desa Cikandang Kecamatan Cikajang. Tim klipaa.com berdiskusi dengan salah satu tokoh muda yang menjadi inspirasi anak muda.  Adalah seorang Teten Rustandi, S.Hut  Tokoh Muda di Desa Cikandang yang berkolaborasi dengan kepala desa membangun anak muda.  

Ini dia yang dibuat oleh Desa Cikandang  Kecamatan Cikajang dalam membuat anak muda login:

1.       Mengaktifkan Karangtaruna

2.       Melibatkan pemuda dalam solusi masalah sampah, masalah pendidikan, masalah sosial dan  masalah masalah pengendalian PMKS. Untuk pengendalian sampah, bahkan diaktifkan kembali Brigade Sampah dimana organ utamanya adalah anak muda. Anak muda terlibat dalam pendataan ulang dan distribusi bantuan.  



         Memberikan kesempatan kepada pemuda untuk mengorganisasi diri sampai ke hal hal teknis. Pengembangan kebudayaan dan olahraga juga membuat anak anak penuh gairah, mereka semangat mengembangkan nilai budaya lokal, dan berkompetisi secara sehat dalam olahraga.

Jika anak muda dilibatkan, akan sangat semangat membangun perubahan. Imajinasi membangun desa dimulai dari pemuda. 

Mari buat pemuda log in, jangan terus logout tapi gak pernah login!#karangtaruna

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.