2 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

CARA MUDAH BISA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MEMANFAATKAN klipaa.com


TKI Indonesia Sering digajih lebih rendah di luar negeri dibandingkan dengan tenaga kerja filipina karena beda kemampuan bahasa Inggrisnya, mereka lebih fasih. Di sisi lain ribuan kesempatan bekerja di perusahaan asing hilang karena kendala bahasa Inggris.

Banyak siswa tidak suka dengan pelajaran bahasa Inggris.  Pelajaran bahasa Inggris dirasakan sulit dipelajari. Susah ingat kosa kata sebaliknya gampang lupa, untuk menguasai bahasa Inggris harus bisa hapal kosa kata, bisa mendengarkan, mengucapkan dan lebih jauh mampu menuliskannya dengan baik.

Menonton film berbahasa Inggris sekalipun ceritanya sangat seru dan mengharukan, akan menjadi  tidak menarik jika tidak ada subtitle bahasa Indonesia. Apalagi pas adegan perdebatan, argumentasi yang panas tidak difahami  karena tidak faham bahasanya.  Film keren pun hanya terdengar suara tanpa memahami makna.  

Tak senang akan otomatis tidak bisa, atau karena susah bisa akhirnya jadi tidak senang bahasa Inggris

Hal buruknya, biasanya yang tidak suka pelajaran bahasa Inggris, nilai bahasa Inggrisnya juga kecil,  cenderung malas menghadapi  soal sosal quiz bahasa Inggris, ujian sekolah mata pelajaran bahasa Inggris dan bahkan bisa jadi gurunya pun tidak disukai.  

Sikap dan bakat siswa berbeda beda, ketika yang lain melihat bahasa Inggris seperti nightmare, Bagi siswa tertentu sebaliknya, pelajaran bahasa Inggris sangat menyenangkan.  Bahkan siswa tertentu di kelas 2 SMP (kelas VIII) saja sudah dapat ngobrol bahasa Inggris dengan lancar.

Kursus Bahasa Inggris

Orang tua yang kompetitif biasanya menyisihkan uang untuk anaknya belajar  bahasa Inggris dengan mengikuti kursus.  Mereka menyadari pentingnya kemampuan bahasa Inggris untuk kehidupan anaknya di masa depan.

Banyak lembaga kursus menawarkan paket belajar, untuk meningkatkan nilai siswa, ataupun untuk meningkatkan kecakapan dasar bahasa Inggris berupa listening speaking, reading writing.  Sayangnya tidak semua anak berhasil, sekalipun sudah ikut kursus tapi kurang memuaskan hasilnya.

Bahasa Inggris mereka masih tetap belum fasih, masih belum percaya diri untuk sekedar ngobrol ringan dengan wisatawan asing, padahak mereka  sudah kursus bahasa Inggris.

Bagi orang tua yang mampu, mereka tidak kekurangan akal. Jika kursus biasa tidak berhasil, Mereka mengirim anaknya belajar  praktek di Pare Kediri. Kursus di Pare Kediri seperti sudah jadi jaminan, bahwa dia akan bisa berkomunikasi. Karena situasinya betul betul mendukung untuk belajar bahasa Inggris. 

Dan terbukti, dengan pengkondisian yang kondusif, anak anak bisa lebih mudah belajar, lebih mudah menyerap pelajaran.

 

Kendala Kursus Bahasa Inggris.

Kursus bahasa Inggris banyak tersedia di perkotaan, tapi tidak demikian halnya dengan sekolah sekolah yang terletak di perkampungan. Guru bahasa Inggrisnya kadang masih kurang. Biasanya kursus bahasa Inggris tersedia di Ibukota Kabupaten atau Kecamatan kecamatan yang sudah maju.

Anak anak di perdesaan tidak mempunyai banyak pilihan kursus bahasa Inggris, padahal kemampuan bahasa mereka perlukan ketika melamar kerja, bergaul dengan orang luar negeri, atau berhubungan bisnis.

Kemampuan bahasa Inggris juga diperlukan untuk membaca buku referensi, kuliah lebih tinggi, menjadi programer, atau menjadi pekerja  perusahaan perusahaan luar negeri. Saat ini pekerjaan tidak mesti ngantor bekerja di perusahaan luar negeri secara online pun banyak, Seperti untuk pekerjaan pembuatan conten kreatif akun akun media sosial perusahaan.

Anak anak Hebat yang Tersisih

Banyak anak anak hebat di perdesaan atau diperkotaan yang tersisih akibat kalah bersaing penguasaan bahasa Inggris. Mereka gagal di test wawanccara bahasa Inggris, atau menjadi kurang wawasan  karena bahasa Inggris adalah jendela ilmu pengetahuan dan sekaligus jendela dunia.

Siswa siswa dari perdesaan yang hidup dalam keterbatasan cenderung mempunyai daya tahan yang lebih kuat, semangat lebih hebat, dan kemampuan bertahan yang keren. Bahasa Inggris menjadi salah satu kendala yang membuat mereka tersisih

Solusi Sederhana dan Mudah

Solusi belajar mata pelajaran bahasa Inggris tidak selalu mahal, tidak harus selalu kursus, bisa dengan metode yang lebih mudah, tapi harus konsisten. Mudah tapi harus sabar, konsisten, dan pantang menyerah.

Solusinya sederhananya sebagai berikut:

1.       Buat komitmen dengan teman bisa teman sebaya atau teman sekelas untuk niat belajar bahasa Inggris dan berpartner berlatih. Karena bahasa Inggris tanpa latih tanding sama dengan latihan tinju tanpa partner, atau latihan renang tanpa kolam renang.

2.       Buat aturan main diantara tim, yang harus ditaati, aturan main itu diantaranya sebagai berikut:

a.       Target setoran kosa kata harian, disetor di status komunitas klipaa.com

b.       Target latihan conversation harian yang diupload ke youtobe, linknya di share di klipaa

c.       Target melatih listening  content youtobe pendek sekaligus membuat resensinya dalam bahasa Inggris ditulis di klipaa.com

d.       Hadiah dan hukuman bagi yang tidak menjalankan kesepakatan, hadiah bisa dengan cara menabung dan merayakan keberhasilan ke tempat tempat wisata

3.       Selalu ada target, tindakan, pengukuran dan perbaikan dalam setiap proses belajar

4.       Harus konsisten dilakukan selama waktu yang lama, sebagai gambaran jika setiap hari 15 kata saja disetor hapalannya maka setahun akan dihapal kosa kata bahasa Inggris sampai dengan 5000 kata, jika seminggu 1 buku ringan bahasa Inggris tamat, maka setahun akan selesai 48 buku, dan ribuan praktek kalimat

5.       Minta kepada guru bahasa Ingris di sekolah untuk menjadi pembina

Jika konsisten maka satu tahun juga akan lebih lancar, apalagi kalau efektif selama masa SLTP dan SLTA. Jadi yang penting adalah metode yang tepat, partner yang semangat, konsisten, sabar, tekun dan terus belajar.

#desabelajar

#klipaabercerita

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.