2 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

TEKNIK COPYWRITING BERIKUT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE


Selalu ada alasan masuk asal mengapa orang berhasil menjual produk, dan sebaliknya selalu ada penjelasan mengapa orang gagal menjual produk secara online. Point yang membuat mereka berhasil itu salah satunya adalah teknik  cpywriting yang ciamik. Memilih kata kaya yang tepat dan menarik sehingga berhasil menarik consumen jatuh cinta dan melakukan pembelian.

Ya itulah copywriting, salah satu jurus penting dalam marketing online.    Penting dipelajari karena merupakan sebagai salah satu senjata dalam berdagang online.  Copywriting itu adalah seni menawarkan produk dan jasa dengan menggunakan kata-kata yang menarik, sesuai dengan harapan dan kebutuhan sehingga bisa membuat konsumen klepek-klepek, atau setidaknya penasaran tertarik apalagi jatuh cinta pada kata kata  promo.

Copywriting adalah senjata yang telah terbukti ampuh membuat banyak orang sukses menjual. Hal tersebut tidak berarti bahwa modal mereka sekedar kata kata manis. Copywriting  yang bagus hanya dijalankan oleh pengetahuan, mental positif, dan keterampilan.

Jadi belajar copywriting adalah belajar tentang pengetahuan, sikap mental dan sekaligus ketrampilan. Copywriting tidak bisa dengan mudah dicontek karena seharusnya disadari, dijiwai dengan sepenuh hati. Tanpa itu kita akan terjebak pada kata kata tapi kehilangan tujuan dasarnya dalam berkata kata.

Seperti halnya orang yang jatuh cinta, tidak bisa sekedar menyampaikan bujuk rayu tanpa kesadaran suasana, momentum, feeling dan interaksi yang positif.   Copywriting harus pas momentum, sebagaimana seorang lelalku mengatakan I love u  harus tepat momentum, kata kata dan perlakuan yang sama jika tidak pas momentumnya tidak akan menjadi romantis tapi akan menjadi norak!

Jadi lupakan belajar copywriting  jika hanya ingin menguasai kata kata dengan cepat, sekedar menghapal kata kata manis.  Karena berdagang online tidak semudah  menuliskan kata kata indah dengan frase frase pilihan. Sebaiknya bersiaplah untuk  belajar memahami inti dari bisnis, bersikap sepenuh hati, agar copywriting dapat keluar dari pengetahuan, kesadaran dan cinta.

Dengan pengetahuan kita memahami psikologis calon konsumen, dengan kesadaran kita penuh tanggungjawab terhadap produk, dengan cinta kita selalu sepenuh hati dan riang hati dalam berkomunikasi dengan calon konsumen.

Tapi tentu saja dalam dunia jualan online tidak ada  instan untuk menjual secara kilat langsung sukses.  Karena anda tidak sedang jualan pil panjang umur, kapsul untuk tampak lebih muda 20 tahun, atau obat untuk meningkatkan kebahagiaan.

Mana ada yang jualan produk seperti itu… hehehe

Ada beberapa prinsip dasar copywriting, salah satu prinsip dasarnya adalah memperbanyak mensharing informasi positif sebelum melakukan penawaran. Istilahnya adalah sharing-sharing sebelum selling. Karena selling butuh pendekatan, dan pendekatan itu adalah sharing sharing hal positif. 

Untuk memperkuat pemahaman tentang copywriting coba perhatikan perbandingan penawaran berikut:

PRODUK KECANTIKAN TERBARU

Silahkan diorder produk kecantikan terbaru, terbuat dari bahan bahan pilihan yang membuat anda akan tampak cantik, membuat kulit mulus dan terasa kencang seperti gadis kembali, produk kami cocok untuk ibu-ibu dan dewasa putri yang peduli pada kecantikan kulitnya, karena 70 persen kecantikan itu terpancar dari kulit yang putih bersinar

Bandingkan dengan kata kata seperti ini

 

FLEK DAN JERAWAT HILANG DALAM 3 MINGGU PEMAKAIAN

Hanya produk kecantikan  kami, yang uang dikembalikan 100% jika produk lulur kami tidak berkualitas.  Mayoritas  pelanggan kami puas dan repeat order, mereka bercerita bahwa setelah memakai produk ini masalah masalah kulit teratasi, tidak ada flek, jerawat hilang, hanya dengan 3 minggu pemakaian. 

Mari kita contoh lain, pertarungan kata kata atau bahkan branding antar resto yang bersaing  kata kata berikut. 

Alkisah di sebuah  kota yang ramai, terdapat sebuah jalan membentang yang menjadi pusat kuliner bergengsi yang sangat potensial untuk mengembangkan bisnis Resto.  Satu pengusaha melihat peluang bisnis besar dan membuka resto seafood yang sangat berkelas.  Semua ikannya segar, diolah oleh koki terbaik. Pengusaha tersebut menyuruh anak buanya menulis dengan kata kata  dengan hurup besar:   

“resto seafood terenak di dunia”

sebuah statement yang sangat optimis dan dengan itu dia ingin membangun brand.  Walhasil restonya laku dan benar saja pengunjung  sangat ramai, dia tumbuh besar sehingga memicu minat pengusaha lain untuk buka di jalan yang sama, karena melihat jalan itu sangat potensial untuk dibangun banyak resto.

Resto kedua membuat kata kata lebih sederhana  untuk mempromokan restonya. Pemilik resto kedua  tidak membuat tagline resto dengan rasa istimewa, resto harga bersahabat, atau resto untuk family time, dia dengan sengaja ingin bersaing dengan membuat tagline “resto terenak di kota ini” secara sengaja berhadap hadapan dengan  resto  sebelahnya yagn mengklaim sebagai resto terenak di dunia.

Pemilik resto ketiga tidak mau kalah,  ia berfikir keras untuk memilih kata kata yang tepat. dia  ingin membuat kata kata yang mematikan, agar bisa bersaing dengan tagline yang dibuat pesaing.  Setelah berfikir dia menuliskan kata kata promo resto pertamanya.  Kata katanya unik:

 “resto paling enak di jalan ini”

Tentu saja pilihan tagline yang paling keren, cerdas, karena berada satu lokasi di jalan yang sama dengan resto terenak di dunia, dan resto terenak di kota ini.  Dengan kata lain sekalipun yang satu paling enak di dunia, dan di kota ini, tapi resto terakhir paling enak di banding dengan dua resto di jalan yang sama. Sebuah teknik copywriting yang  cerdas.

Nah, itulah pentingnya copywriting!

#Klipaabercerita

#digitalmarketing

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.