2 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

RAHASIA MEMBUAT JUDUL ARTIKEL MENARIK YANG TIDAK SEMUA MAHASISWA TAHU


Banyak mahasiswa belum tahu rahasia membuat judul yang menarik, ketika ditugaskan untuk membuat artikel, seringkali kebingungan membuat judul.  Nah bagi yang masih kesulitan dan kurang faham, ada baiknya membaca artikel ini sampat tamat, agar tidak kebingungan membedakan  judul dan tema tulisan.  Ingat ya judul itu sangat penting dalam sebuah tulisan.

Untuk memudahkan, ada baiknya kita lihat contoh contoh judul tulisan yang kurang menarik:

·         Kondisi sosial ekonomi desa cibodas era pandemi

·         Tantangan Mengajar Matematika di Perkotaan

·         Memahami Masalah Masalah Sosial Di Desa Cikurubuk

·         Pengalaman Mengajar Biologi di SMP Darul Qolam Bekasi

judul itu,  masih perlu sentuhan agar layak menarik disampaikan di online.  Anda hanya perlu sedikit kreatifitas dan imajinasi untuk membuat pembaca anda lebih kepo. judul yang baik akan membuat netizen ingin membaca artikel yang sudah dibuat.

judul harus menarik, karena membuat artikel tidak mudah, jadi mending sekalian dibuat artikel yang bagus. setuju ya...

Artikel bagus dan artikel jelek sama sama membutuhkan usaha, Sama sama menghabiskan waktu, sama sama berfikir, sayang kalau tidak dibuat sebagus mungkin, karena orang kalau sudah terbiasa menulis bagus, mengerjakan sesuatu dengan bagus, akan menjdi kepribadian berkualitas, menulis adalah cara membangun karakter juga. 

Ini dia contoh judul dengan sedikit kreatifitas dengan tema yang sama:

·         Ini Dia, 10 Hal Unik Masyarakat di Desa Cibodas yang Membuat Penasaran

·         Tips Mengajar Matematika Dengan Mudah

·         Sudah Puluhan Tahun, Masalah Klasik ini Menjadi Momok Bagi Warga Cikurubuk

·         Hampir Menangis, Pengalaman Mengajar Biologi di Darul Qolam Bekasi

Anda tentu saja dapat membuat artikel lebih keren. Apalagi anak muda selalu punya kreatifitas. artikel jangan dibuat sekedar mengerjakan tugas dengan judul sama sekali tidak menarik.  Pertanyaannya adalah bagaimana  rahasia menulis judul menarik dan bagaimana kita memulainya. Ini dia beberapa rahasia menulis judul yang menarik 

1.       Niat untuk membuat sesuatu yang menarik,

Yang perlu dibuat indah itu bukan hanya muka, tapi seluruh hidup kita. Karena dunia ini sudah diciptakan indah, mahluk mahluk indah dan kita semua juga digutaskan untuk selalu membuat hidup menjadi indah, termasuk menulis judul artikel harus dibuat menarik.

2.       Memahami jenis tulisan yang dibuat

Tidak semua tugas belajar itu adalah tulisan ilmiah. Makalah ilmiah tentu saja harus mempertimbangkan materi dan tema secara persis, misalnya tugas makalah sosiologi, tugas makan agama yang sudah dibuat sistematikanya, tapi bisa saja tugas itu adalah tulisan essay atau tulisa tulisan pengamatan lapangan. Tentu judulnya bisa sangat fleksibel.

Bayangkan jika satu kelas mendapat tugas penulisan ilmu alamiah dasar misalnya, dengan tema yang sama, kemudian judul di klipaa seluruhnya sama, akan sangat tidak menarik sehingga dengan demikian judul itu penting sekali disesuaikan dengan jenis tulisan.apakah cerpen, essay, liputan, resume, konklusi, testimony editorial, atau tulisan kompilasi, atau resensi.

3.       Banyak Membaca dan Mempelajari Judul Judul Berita di Media Massa

Rumusnya sederhana membaca mempermudah menulis, semakin banyak membaca buku akan semakin mudah menulis, dan sebaliknya tidak pernah membaca akan sangat kesulitan menulis. Akan sangat aneh kalau ingin menulis tapi tidak suka membaca.

Banyak contoh yang menarik judul judul di media massa terutama portal berita yang sangat mempertimbangkan judul, perhatikan bagaimana mereka membuat judul, sekalipun mungkin nampak berlebihan, tapi dalam hal ini berlebihan tapi menarik jauh lebih baik dibandingkan dengan judul standar.

 

4.       Memahami  Judul bisa beda dengan Tema  (kecuali karya Ilmiah)

Tidak usah terlalu kaku membuat judul harus selalu mirip dengan tema, kecuali tulisan ilmiah seperti penulisan tulisan skripsi, makalah ilmiah dan lainya.  Jadi bebaskan imajinasi, kembangkan kemampuan otak kanan, dan nikmati keseruan membuat judul unik. Jangan pernah takut gagal, karena tidak ada kreatifitas yang membuat gagal, unik selalu lebih baik di dunia digital. Jadi belatihlah terus dimulai dari menulis.

 

5.       Mengawali dengan kata kata yang membuat rasa ingin tahu

Katakah ini dia rahasianya; 10 hal ajaib; hal yang belum anda tahu tentang…; yang terbaik dari……. Dan banyak lagi kata kata yang menggugah dan dapat menimbulkan rasa ingin tahu, jika mereka penasaran orang akan meng-klik, semakin banyak klik makan akan semakin besar peluang tulisan kita dibaca orang, semakin menebar kebaikan.

 

6.       Berani berimprovisasi

Dunia itu dirubah bukan oleh orang orang takut, tapi oleh orang orang berani.  Jika semua orang takut berimprofisasi maka bisnis proses apapun tidak akan berkembang selama kehidupan, improvisasi selalu punya peluang gagal dan berhasil, tapi tanpa keberanian kita tidak dapat merasakan arti kegagalan dan bahagia karena sukses.

 

7.       Belajar copywriting


Ini dia sisi serunya, copywriting adalah seni menulis kata kata yang biasa digunakan sebagai teknik melakukan penawaran dalam pemasaran digital. Terdapat banyak buku yang bisa dibaca untuk meningkatkan keterampilan copywriting. Dengan belajar copywriting paling tidak dapat belajar pentingnya judul, pesan dalam sebuah tulisan, pembeda, dan berbagai hal lain yang diajarkan dalam copywriting.

Selamat mencoba, bagi yang sudah menulis, mencoba membuat tulisan lebih keren, dan membuat tulisan tulisan yang menebar pengetahuan yang akan menjadi investasi pengetahuan dan membangun peradaban.

#klipaabercerita

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.