2 tahun yang lalu
Oleh: Andre Frans Juniafer Napitupulu

DAMPAK IPTEK TERHADAP MASYARAKAT

Dampak Positif dan Negatif Teknologi terhadap 4 Aspek Besar Halaman 1 -  Kompasiana.com

Pada dasarnya IPTEK selalu berkembang seiring berjalannya zaman. Perkembangan IPTEK adalah hasil dari segala langkah dan pemikiran untuk memperluas, memperdalam, dan mengembangkan IPTEK. Seperti yang dikatakan salah satu pengurus di kecamatan siborongborong mengatakan bahwa perubahan akibat IPTEK  membuat masyarakat lebih mudah dalam beraktifitas  dan juga membuat masyarakat memiliki kehidupan yang lebih baik. Contohnya perubahan pada sikap masyarakat dengan adanya perkembangan IPTEK dapat kita lihat masyarakat menjadi memiliki pola pikir yang irasional menjadi rasional .

Namun seperti layaknya uang koin yang memiliki 2 sisi terdapat juga dampak buruk dari perkembangan tersebut seperti membuat masyarakat menjadi merasa tidak membutuhkan orang lain dalam beraktivitas sehinggal membuat kebiasasan kebiasaan yang sering dilakukan perlahan semakin menghilang, dan juga membuat meningkatnya kriminalitas dan lain sebagainya. Dampak yang lainnya

a. Perubahan Tata Nilai Berbagai penemuan teknologi telah membawa perubahan yang begitu cepat dalam tata kehidupan masyarakat. Perubahan itu antara lain cara orang bekerja, gaya hidup, dan tata nilai masyarakat.

b. Adanya Kesenjangan Sosial Perkembangan industri dapat meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja, tetapi juga memunculkan kesenjangan sosial di masyarakat. Muncullah kelompok masyarakat pemilik modal yang kaya bahkan menjadi konglomerat, tetapi juga ada kelompok masyarakat yang tidak memiliki keterampilan.

c. Berkembangnya Kenakalan Remaja dan Kriminalitas Perkembangan dan penerapan IPTEK telah mendorong terjadinya globalisasi. Dengan berbagai macam media, setiap orang termasuk para remaja mudah kena pengaruh nilai budaya lain, termasuk tingkah laku kekerasan.

Oleh karena itu, diharapkan masyarakat harus siap dalam menghadapi perubahan yang terjadi karena tanpa disadari kehidupan pasti akan mengalami perubahan, karena dampak dari IPTEK yang berkembang tanpa batas.


#TugasIAD15

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.