5 tahun yang lalu
Oleh: Nur Apni Oktaviani

Analisis Lingkungan (Gizi)

Dalam menjalani segala aktiviata stentu saja kita membutuhkan suatu energi yang dapat menunjang berjalannya aktivitas tersebut. Energi tersebut dapat didapat dari suatu asupan makanan yang mengandung cukup banyak gizi.

Sehingga  dalam menkonsumsi sebuah makanan tentu kita harus lebih memperhatikan jumlah gizi yang baik untuk sumber energi dalam menjalani aktivitas kita. Oleh sebab itu untuk mengetahui  jumlah gizi yang baik untuk tubuh dapat digunakan angka kecukupan gizi sebagai pedomannya.

Angka kecukupan gizi (AKG) merupakan suatu nilai yang digunakan untuk menentukan jumlah zat yang baik dikonsumsi oleh tubuh dan zat apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Angka kebutuhan gizi sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup, dalam hal itu dibutuhkan suatu ilmu yang telah digunakan untuk mengetahui dengan jelas bagaimana tatacara perhitungan gizi tersebut.

ENERGI TOTAL /  TOTAL ENERGI
kebutuhan energi orang per harinya adalah 2000 Kalori. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.
jika kebutuhan energi anda adalah 2000 kalori per hari. Dan anda mengkonsumsi makanan lebih dari 2000 Kalori per hari, maka berat badan anda akan cenderung bertambah. Sebaliknya jika mengkonsumsi makanan kurang dari 2000 kalori per hari, berat badan anda akan cenderung turun.

LEMAK TOTAL
Pada dasarnya lemak berperan mendukung jalannya fungsi tubuh. Namun ada jenis lemak yang baik dan yang jahat. Lemak yang berpotensi buruk bagi kesehatan tubuh adalah yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Tubuh kita memproduksi lemak dari kelebihan kalori yang masuk ke tubuh.

PROTEIN
adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomerasam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida.
Protein merupakan zat penting di dalam tubuh yang terlibat dalam setiap proses dari terbentuknya jaringan otot. Tanpa adanya protein, segala hormon yang ada di dalam tubuh, terutama pada pencernaan manusia tak akan menjadi teratur.

KARBOHIDRAT TOTAL
Karbohidrat, hidrat arang, atau sakarida adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri atas karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar, cadangan makanan, dan materi pembangun.

GULA PASIR
Gula pasir merupakan bahan baku masakan yang terbuat dari sari tebu dan dikristalkan membentuk serbuk-serbuk seperti pasir. 
Gula pasir cukup terkenal berkhasiat untuk menambah energi, antioksidan, menyehatkan kulit, dan semacamnya. Akan tetapi, konsumsi gula pasir juga memiliki batas aman setara dengan satu hingga dua sendok makan tiap harinya agar tercegah dari risiko penyakit gula darah.

NATRIUM
Natrium merupakan mineral dan juga elektrolit yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh normal. Sebesar 85% natrium dalam tubuh ditemukan dalam darah dan cairan getah bening. Mineral ini membantu dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Natrium juga berperan dalam kerja otot dan saraf. Serta, berperan dalam menjaga tekanan darah.
Tetapi terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung natrium karena bisa menyebabkan tekanan darah tinggi”. Namun, ternyata kadar natrium rendah dalam tubuh juga tidak baik bagi kesehatan.

KALSIUM
Kalsium adalah jenis mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh saraf, jantung, dan sistem pembekuan darah agar bisa berfungsi dengan baik.

Darihasil analisis 5 makanan dan minuman ada komposisi dan nilai gizi yg berbeda2.

  • Dari 5 jenis semua mengandung energi total. Hanya jenis teh yang belum di masak/diolah terdapat  0 kkal energi total dan 4 mengadung energi total yang berbeda. Dari 4 jenis yang mengandung energi total terbanyak  terdapat pada makanan jenis roti dengan energi total 220 kkal dan energi lemak 50 kkal.
  • Dari5 jenis semua mengandung lemak. 3 jenis terdapat  total 0% lemak total dan 2 mengadung lemak jenuh dengan takaran yg berbeda pula dan yg paling banyak mengandung lemak jenuh terdapat pd makanan jenis roti dengan total lemak jenuh 6g - 9%  jadi masih dalam takaran aman untuk dimakan tetapi jika berlebihan Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah dapat menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah arteri. Hal ini dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jantung dan otak sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kebanyakan kolesterol LDL dalam tubuh juga meningkatkan risiko Anda terhadap diabetes tipe 2.
  • Dari 5 jenis semua mengandung protein. 3 jenis terdapat  total 0% dan 2 mengadung protein dengan takaran yang berbeda dan yang paling banyak mengandung protein lagi-lagi terdapat pada makanan jenis roti dengan protein 6g - 9% jadi masih dalam takaran aman untuk dimakan tetapi jadi dikonsumsi kelebihan dapat menyebabkan kelebihan berat badan melonjak, masalah ginjal, dehidrasi, kalsium tulang terkikis, masalah jantung, mengurangi ketosis, asam urat.
    Dari 5 jenis semua mengandung karbohidrat total dengan takaran yang berbeda, 2 jenis minuman teh dan minuman jenis coklat terdapat karbohidrat total 0% dan 3 mengadung karbohidrat total dengan takaran yang berbeda dan yg paling banyak mengandung karbohidrat total lagi-lagi terdapat pada makanan jenis roti dengan karbohidrat total  44 g - 14% jadi masih dalam takaran aman dan baik untuk di makan Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar, cadangan makanan, dan materi pembangun.
  • Dari 5 jenis semua mengandung gula. Hanya jenis teh yang belum di masak/diolah terdapat   0 g gula dan 4 lainnya mengadung gula dg takaran yg berbeda dan yg paling banyak mengandung gula terdapat pada 2 jenis minuman teh manis kemasan dan minuman coklat  dengan kandungan gula 14 g  jadi masih dalam takaran aman untuk di minum tetapi jadi dikonsumsi kelebihan dapat menyebabkan risiko penyakit gula darah.
  • Dari 5 jenis semua mengandung natrium. Hanya jenis teh yang belum di masak/diolah terdapat  0 mg natrium dan 4 lainnya mengadung natrium dengan takaran yang berbeda dan yang paling banyak mengandung natrium terdapat pada jenis makanan roti dengan natrium 220 mg - 15% jadi masih dalam takaran aman dan baik untuk dimakan nah jika terlalu berlebihan natrium bisa menyebabkan kelelahan, pusing, mual, muntah, kram otot, kejang otot, dan kebingungan.
  • Dari 5 jenis hanya 2 yang mengandung kalsium yaitu jenis minuman sacet berasa dengan perasa mangga dan teh kemasan dengan kalsium 2% dan 1%.
  • Dari 5 jenis hanya 2 yang mengandung serat pangan yaitu jenis makanan roti dengan serat pangan 7 g - 22 %  dan  teh yang belum di masak/diolah terdapat  0 g - 0% .

Dalam suatu prodak jika terdapat adanya lebel informasi gizi berguna tidak hanya untuk membantu membatasi nutrisi tapi juga menambah asupan nutrisi yang Anda butuhkan.

@choyei


3 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.