3 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

DESA KUTANAGARA MALANGBONG, MENUJU DESA PRODUKTIF, EDUKATIF DAN REKREATIF


Hallo para pecinta desa, atau paling tidak yang selalu kangen dengan suasana dan cerita tentang desa. Hari ini kita akan cerita tentang sebuah desa di Malangbong namanya desa Kutanagara Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.    Desa ini sedang berbenah untuk mengelola potensi lahan yang ada.  Dimulai dari  visi membangun dari kepala desa dan visi keren para anggota masyarakatnya.

Nama Desa Kutanagara pun cukup unik.  Terdiri dari dua kata yaitu kuta dan nagara yang memberi indikasi bahwa desa ini mempunyai sejarah yang ada kaitan dengan tanda sebuah negara. Memang  sangat mungkin desa ini mempunyai sejarah panjang peradaban. Seperti banyak tutur para leluhur desa desa di pergunungan Cekungan  Garut.  


Dulu mungkin orang tidak perlu hidup dekat dengan jalan raya, karena jalan rayanya-pun tidak ada, jadi pilihan hidup di perbukitan dengan sumber air mengalir akan diminati sebagai tempat “menyepi” mengasah ilmu, dan mengembangkan ajaran kebajikan. Sehingga ada istilah “turun gunung” dari paguron.

Linggaratu, linggamukti, di Sucinaraja. Desa Ciburuy di Cigedug, Desa Kampung Cicapar di dekat Bukit Piramid, dimana masih kita lihat seperti bercerita tentang peradaban masa lalu, lengkap dengan berbagai cerita yang melintas dimensi logika.   Tapi pada kesempatan ini kita tidak akan bicara kesejarahan masa lalu desa kutanagara, pada kesempatan ini kita akan bercerita tentang wisata desa kutanagara.

Sebuah rencana

Oh ya.. beberapa personil dari klipaa.com bekerjasama dengan satu Yayasan  yang berada di Kabupaten Garut sedang mengembangkan rencana pariwisata di desa kutanagara ini. Desa ini ingin mengembangkan sebuah wisata berbasis air dan juga agrowisata di perbukitan kawasan hutan kutanagara, yang sebagian dimiliki oleh warga masyarakat sebagian lagi merupakan kawasan perhutani.

Secara umum tema pengembangan kawasan di kutanagara adalah desa produktif, edukatif dan rekreatif.  Desa akan diarahkan menjadi kawasan produktif dengan banyak potensi pertanian yang bisa digarap, desa juga harus mempunyai unsur edukatif, bukan sekedar mengembangkan potensi tetapi ada unsur edukasi bagi masyarakat, dan sekaligus unsur rekreatif.


Ada tiga domain dalam perencanaan wisata desa yang kita rumuskan di dalam masterplan wisata desa Kutanagara Kecamatan Malanbong Kabupaten Garut, yaitu sebagai berikut:

1. Rencana Pengembangan Produk Wisata

2. Rencana Pengembangan Bisnis

3. Rencana Desain Kawasan dalam bentuk Gambar 3D

Desa ini menyimpan potensi wisata yang potensial, hanya belum tergali dengan maksimal. Potensi tersebut adalah area persawahan milik desa di Citarik yang dapat dioleh menjadi taman wisata air, juga kawasan perbukitan yang dapat dikembangkan menjadi salah satu daya tarik wisata berbasis Agro atau lebih dikenal dengan istilah “agrowisata”.

 

Warga masyarakat sangat bersemangat mengembangkan agrowisata dengan harapan konsep produktif, edukatif, dan rekreatif dapat dikembangkan dalam proses budidaya sehari-hari, hanya tinggal ditata, ditingkatkan kualitasnya, diperbaiki aksesnya dan dibina warganya agar semakin lama semakin kompak.

Dalam perbincangan dengan para tokoh desa, ditemukan pula bahwa secara tradisional ke Desa Kutanagara telah berkembang wisata religi atau wisata ziarah ke makam makan orang-orang yang dianggap sholeh dan berjasa dalam pendirian desa.   Makam makam yang dikeramatkan tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

·         Makam brajasakti (adalah anak tertua raja galuh dari istri tua) kakak sebapak dari Ciung Wanara.

·         Makam mbah ukir, ahli kiroat

·         Makam Cikaluntang,

·         Makam jaksa, naek ka luhur.. babakan

·         Diujung gunung ada mbah wangun /wartanata, percis di puncak gunung, dekat susunan wilayah yang lain, sukamaju……

·         Makam lebak wangi, rangga alia muta.

·         Kahandap makam jati…

·         Pamukiran makasar.. mbah makasar (di sawah) pajaratan

·         Mbah Betul (pedes)

·         Mbah Dugal


Makam makam tersebut secara periodik banyak dikunjungi para peziarah. Sehingga tinggal dipoles dihubungkan dengan kegiatan kebudayaan dan kegiatan pengembangan wisata agro di Desa Kutanagara.

 Bersambung……………………………

#desakutanagara

#malangbong

#desawisata

#klipaabercerita

2 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.