3 tahun yang lalu
Oleh: Admin Desa Cikarae Thoyibah

TANPA ANGGARAN KADES DAN WARGA DESA CIKARAE THOYIBAH, BERKARYA NYATA!


Sudah satu tahun setengah, walau tanpa anggaran khusus, kepala desa dan warga desa Cikarae Thoyibah bergotong royong bersama sama,  membuat jalan kendaraan roda empat ke obyek wisata curug yang berada di tengah hutan di desa ini.   Proses gotong royong terus berjalan walaupun dengan tanpa anggaran. 

Tekad  kades dan warga Desa Cikarae Thoyibah Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat memang luar biasa.  Mereka bermimpi menjadikan  potensi wisata alam yang keren segera dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Mayarakat secara partisipatif bahu membahu membangun jalan  secara swadaya, dengan semangat pantang menyerah.


Kades dan Masyarakat Desa Cikarae Thoyibah  memberi inspirasi bagi banyak orang, bahwa tak semua hal besar, mimpi keren atau pembangunan yang sangat berat harus selalu dimulai dari anggaran yang besar pula.  Tanpa anggaran pun kalau kades dan warga mempunyai mimpi yang keren, hal yang seperti mustahil pada awalnya dapat diatasi.  Sekarang setelah satu tahun setengah, jalan tanah dengan lebar sekira 3,5 meter dibuat di jalan terjal di lahan sangat sulit.  Mereka membuat jalan sulit dengan medan sulit setiap hari minggu dengan cangkul dan bahan seadanya.

Perlahan tapi pasti tanah tanah dicangkul secara manual.  Meter demi meter dibangun seperti membangun kehidupan.  Mereka terus menerus membangun dengan mimpi dan harapan besar dapat membangun obyek wisata berkelas nasional.

2 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.