5 tahun yang lalu
Oleh: Nur anisa

Analisis Lingkungan (GIZI)


Analisis lingkungan (Gizi)

Dalam suatu makan agu pun minuman terdapat gizi yaitu seperti lemak,koresterol,protein karbohidrat,,natrium, vitamin,kalsium,fosfor, dan besi.

Lemak jenuh adalah lemak yang terdiri daru trigliserida dengan hanya asam lemak jenuh dan dampaknya jika dikonsumsi secara teris menerus dan jika kadar lemak dalam tubuh lebih banyak maka akan berdampak sepetri  serangan jantung gejala stroke, darah tinggi dan anemia tetapi terdapat manfaat juga dari lemak itu sendiri :

1. Menyehatkan tulang

2. Membantu daya tahan tubuh

3. Melindungi organ tubuh


Koresterol adalah jenis lemak yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Manfaat koresterol sendiri yaitu: pelindung sel, membantu produksi vitamin D, pembentuk hormon dan jika ini di konsumsi terus meneruh dan jika kadar kolesterol banyak didalam tubuh maka akan berdampak masalah jantung, masalah sistem saraf, mengganggu pencernaan.

Lalu gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi. jika dalam suatu makanan mengandung lebih banyak gula dan dikonsumsi terlalu sering maka akan berefek negatif dalam tubuh diantaranya adalah :

1. Obesitas

2. Kerusakan hati dan ginjal

3. Merusak otot jantung

4. Menyebabkan gagal jantung

5. Menyebabkan penyakit diabetes mellitus

6. Menimbunnya lemak di daerah perut

7. Merusak gigi dengan menimbulkan karang gigi dan lubang gigi

Natrium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Na dan nomor atom 11. Ini adalah logam lunak, putih keperakan, dan sangat reaktif.Jika kadar suatu makanan  natrium  lebih tinggi maka otak akan mengirimkan sinyal rasa haus dan mendorong kita untuk minum. Kemudian jika sensor dalam pembuluh darah dan ginjal mengetahui adanya kenaikan tekanan darah dan sensor di jantung menemukan adanya peningkatan volume darah, ginjal dirangsang untuk mengeluarkan lebih banyak natrium dan air kencing, sehingga mengurangi volume darah. Jika di bilakukan dan dikomsumsi terlalu banyak akan menjadi hipertensi

Fosfor berupa berbagai jenis senyawa logam transisi atau senyawa tanah langka seperti zink sulfida (ZnS) yang ditambah tembaga atau perak, dan zink silikat (Zn2SiO4)yang dicampur dengan mangan. Jika fosfor terus menerus di konsumsi dalam tubuh yaitu 

1. Penyakit tulang

2.gangguan ginjal

Tetapi jika kekurangan fosfor dapat menyebavkan anorexsia

Sekian tulisan dari saya semoga dapat bermanfaaterimakasih 😊

@choyei


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.