5 tahun yang lalu
Oleh: Amalia Fauziah

Analisis Lingkungan (GIZI)

Pada setiap makanan ringan/minuman kemasan terdapat komposisi dan nilai gizi.
Nilai gizi dan komposisi yang terdapat dalam makanan ringan dan minuman kemasan yaitu:
- Karbohidrat
- gula
- natrium
- lemak jenuh
- protein
- kopi
- susu full cream
Ada salah satu makanan yang karbohidrat nya 28 g/ 9%, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut terdapat dampak yang terjadi pada tubuh yaitu: 
1. Sulit menurunkan berat badan
2. Kadar kolesterol semakin meningkat
3. Sering merasa lapar
4. Rentan kena diabetes
5. Mood mudah berubah.
Ada pula makanan ringan yang memiliki kandungan lemak jenuh 2,5 g/ 13%. Kandungan lemak di dalam makanan ringan ini tinggi, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol, terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyebabkan lemak menumpuk di pembuluh darah arteri dan menyumbat aliran darah ke jantung dan otak. Kondisi ini meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.
Ada pula minuman kemasan yang memiliki kandungan gula 18 g/ 5%. Kandungan gula di minuman ini lebih tinggi dibanding dengan minuman yang saya lihat. Jika terlalu banyak mengonsumsi minuman/makanan yang mengandung gula yang tinggi akan memiliki dampak yang terjadi pada tubuh kita yaitu, lemak berlebih diperut, kerusakan fungsi hati, selalu ingin makan, picu serangan jantung, timbulkan karies pada gigi, resistensi hormon insulin. 
Jadi bagi yang ingin diet dan ingin sehat jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung karbohidrat, lemak, dan gula yang tinggi, sebab mempunyai dampak-dampak negatif yang terjadi pada tubuh.
@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.