3 tahun yang lalu
Oleh: Putwi Riyatun

Pendidikan dan Pembangunan


    Pendidikan menduduki posisi sentral dalam pembangunan karena sasarannya adalah peningkatan kualitas SDM. Oleh karena itu, pendidikan juga merupakan alur tengah pembangunan dari seluruh sektor pembangunan. Dalam diskusi kali ini akan membahas mengenai esensi pendidikan dan pembangunan, titik temu antara keduanya

    i. Esensi Pendidikan dan Pembangunan Serta Titik Temunya

1) Pendidikan merupakan usaha kedalam diri manusia sedangkan pembangunan merupakan usaha kelauar dalam diri manusia,

2) Pendidikan menghasilkan sumber daya tenaga yang menunjang pembangunan dan hasil pembangunan dapat menunjang pendidikan seperti pembinaan, penyediaan sarana dan prasana, serta lainnya

    ii. Sumbangan Pendidikan Pada Pembangunan

Sumbangan pendidikan terhadap pembangunan dapat dilihat dari berbagai segi, diantaranya adalah: 

1. Segi Sasaran Pendidikan

    pendidikan adalah usaha sadar yang ditujukan kepada peserta didik agar menjadi manusia yang kepribadian kuat dan utuh serta bermoral tinggi.

2. Segi Lingkungan Pendidikan 

    klasifikasi ini menunjukkan peran pendidikan dalam berbagai lingkungan atau sistem. lingkungan keluarga seperti pendidikan informal, lingkungan sekolah seperti pendidikan formal, lingkungan masyarakat seperti pendidikan non formal, ataupun dalam sistem pendidikan prajabatan dan dalam jabatan. 

3. Segi Jenjang Pendidikan

    jenjang pendidikan meliputi pendidikan dasar, pendidikan lanjutan, menengah dan pendidikan tinggi 

4. Segi Pembidangan Kerja atau Sektor Kehidupan 

    pembidangan kerja menurut sektor kehidupan meliputi bidang ekonomi, hukum, sosial politik, keuangan, perhubungan, komunikasi, pertanian, pertambangan, pertahanan dan lain-lain. 

iii. Pembangunan Sisitem Pendidikan Nasional

   Mengapa sistem pendidikan harus dibangun dan berwujud pembangunan sistem pendidikan?

sistem pendidikan perlu dibangun agar dapat memenuhi kebutuhan manusia. Manusia yang cenderung berupaya untuk mendekatkan dirinya pada kesempurnaan untuk itu perlu dilakukan perbaikan-perbaikan, termasuk sistem pendidikan selain daripada iu pengalaman manusia juga harus berkembang seiring perubahan zaman. 

Wujud Pembangunan Sistem Pendidikan

1. Hubungan Antar Aspek - Aspek 

    a. Aspek Filosifis dan yuridis menjadi landasan bagi aspek-aspek yang lain, karena memberika arah pada aspek yang lainnya, selain itu aspek ini tidak dapat diartikan bahwa setiap terjadi perubahan filosofis dan yuridis harus diikuti dengan perubahan aspek-aspek yang lain secara total.

    b. Aspek  Filosofis dan Keilmuwan, aspek ini berupa penggarapan tujuan nasional pendidikan. Rumusan tujuan pendidikan nasional yang tentunya memberikan peluang bagi pengembangan hakikat manusia yang kodrati yang berarti bersifat wajar. 

    c. Aspek Yuridis, UUD 1945 sebagai landasan hukum yang bersifat relatif tetap, adapun beberapa pasal yang melandasi pendidikan yang sifatnya Eksplisit adalah pasal 31 ayat 1 dan 2, dan pasal 32, ada juga yang bersifat Implisit adalah Pasal 23 ayat 1 dan 2 dan pasal 34. 

    d. Aspek Struktur, pembangunan sistem pendidikan berperan pada upaya pembenahan struktur pembangunan pendidikan yang mencangkup jenjang dan jenis pendidikan, lama waktu belajar dari jenjang yang satu ke jenjang yang lain, sebagai akibat perkembangan sosial budaya dan politik. 

    e. Aspek Kurikulum, merupakan sarana untuk mencapai tujuan. Tujuan kurikuler berubah, maka kurikulum berubah pula. Perubahan tersebut dapat berupa materinya, orientasinya, pendekatan maupun metode 

Bagaimana membangun peranan pendidikan dalam penataan dan pemanfaatan lingkungan hidup?

peranan pendidikan dalam penataan dan pemanfaatan lingkungan hidup, dengan cara beradaptasi dan bersosialisai dalam lingkungan masyarakat agar dapat membau, seperti contohnya kita sebagai seorang guru berarti kita harus dapat mengelol dan menyalurkan ilmu kita, misalkan ada yang kurang mampu dan tidak mendapatkan pendidikan fomal, nah kita dapat membantu dengan mengajarkannya agar mendapatkan ilmu yang sesuai. 

Berikan contoh metode pembelajaran yang berbeda di dalam aspek kurikulum?

aspek kurikulum ada banyak, jika kurikulum tidak digunakan lagi atau berubah, dengan contoh pada kurikulum 2013 yang sedang digunakan, dalam kurikulum ini memiliki banyak aspek. Aspek 2013 merupakan kurikulum yang dibentuk untuk melahirkan generasi emas di Indonesia dengan sistem dimana siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), Aspeknya yaitu Aspek pengetahuan menekankan pada tingkat pemahaman dalam tingkat pembelajaran, aspek keterampilan adalah aspek baru dalam kurikulum di Indonesia, keterampilan menekankan pada skill seperti presentasi, mengemukakan pendapat, membuat laporan dan lainnya, aspek sikap adalah aspek yang sangat sulit karena terdiri dari adab, sopan santun dalam belajar, sosial dan agama. guru juga harus mempunyai lembar pengamatan

metode dari kurikulum 2013 adalah discovery learning dan model ceramah yang tepat, dan dapat dikolaborasikan dengan metode atau model lainnya.


#tugasPIP9

#tugaskuliah

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.