3 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Jurnalisme Warga di klipaa.com


Hakekat  pemberdayaan masyarakat desa adalah mewujudkan masyarakat yang dapat  berpartisipasi dalam pembangungan. Partisipasi menanggulangi masalah lingkungan, masalah kemiskinan, masalah sosial, budaya dan juga mewujudkan masyarakat belajar. Warga berdaya itu keren, karena mereka  terlibat, dan bukan hanya diam mementingkan dirinya sendiri.

Kaya bisa saja tidak berdaya kalau dia hanya kaya untuk dirinya sendiri, sebaliknya miskin bisa sangat berdaya, jika dalam kemiskinannya dia bisa berkontribusi. Jadi keberdayaan bukan diukur dengan uang, jabatan, dan apalagi kepemilikan harga benda.

Dalam era industry 4.0 seperti sekarang ini partisipasi  masyarakat tidak selalu harus dalam bantuk tatap muka tapi juga bisa memanfaatkan teknologi informasi berbasis web.  Warga bisa berperan sebagai subyek berita dan sekaligus obyek berita.   Konsep ini sebenarnya bukan barang baru, sejak lama dikenal istilah jurnalisme warga. Bentuk partisipasi warga dalam dunia digital. 

Pemberdayaan warga dalam isu lingkungan menjadi penting, ketika masalah sampah, penggundulan hutan, dan dampaknya makin terasakan. Lingkungan seperti makin kejam, padahal sesungguhnya kitalah yang demikian abai pada hukum keseimbangan ekologis.   warga dapat  berpartisipasi dalam kampanye desa bebas sampah dengan cara memposting  gambar  proses pembersihan tumpukan sampah di  jalanan, posting seruan bebas sampah, bahaya sampah atau membuat meme yang membuat orang jadi sadar.  Jurnalisme warga  dalam konteks ini adalah pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita terkait lingkungan

Jurnalisme warga itu sangat asyik karena warga tidak hanya menjadi konsumen media tapi juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan informasi itu sendiri mulai membuat, mengawasi, mengoreksi, menanggapi, atau sekadar memilih informasi yang ingin dibaca.  

klipaa.com bisa menjadi portal komunikasi lingkungan warga desa. Warga harus daftar dulu di klipaa  yang otomatis dikelompokkan berdasarrkan desa.  Pemanfaatan klipaa.com dalam konteks pemberdayaan  dan jurnalisme warga  desa sangat baik, karena mempunyai bebearapa keunggulan diantaranya:

·         Murah, cepat dan mudah diakses sekedar masuk ke klipaa.com kemudian mendaftar. Di klipaa.com berita atau posting akan otomatis terbaca oleh sesama warga desa. Sebagai contoh sesama desa mandalakasih, desa cilawu, desa mekarjaya otomatis terhubung di klipaa.com.

·         Memberi masyarakat ruang untuk berpendapat. Salah satu manfaat jurnalisme warga ialah untuk memberi ruang berpendapat bagi masyarakat, sehingga demokrasi juga menjadi salah satu nilai yang muncul dengan adanya jurnalisme warga.

·         Munculnya sudut pandang baru. Banyaknya masyarakat dengan sudut pandang yang berbeda dalam melihat suatu peristiwa menghadirkan berita yang beragam serta dekat dengan masyarakat.

·         Self regulatory. Berita yang dilaporkan tidak terikat pada suatu peraturan.

·         Menjadi pengganti media tradisional dalam melaporkan berita

Tema tema lingkungan lokal perlu dikelola dengan baik. klipaa.com sudah didesain agar setiap warga saling terhubung. Pemanfaatan klipaa.com dapat menjadi alternatif komunikasi untuk menangkap peristiwa-peristiwa khusus, atau yang terjadi ditempat tertentu yang tidak memungkinkan bagi jurnalis profesional untuk meliput karena sifatnya tersebar dan bobot informasi yang bersifat local.  Jurnalisme warga juga dapat meningakkan bargaining warga dengan pemerintahan, sehingga dapat terjadi hubungan yang saling bersinergi dan saling bertanggung jawab.

Adapun beberapa keunggulan lain jurnalisme warga diantaranya

·         Meningkatkan budaya tulis dan baca masyarakat. Blog dan juga media sosial menjadi sarana menulis dan membaca yang baik bagi masyarakat.

·         Mendukung fungsi watch dog (kontrol sosial)

·         Masyarakat yang bebas berpendapat tentu dapat mengontrol kekuasaan pemerintah. Hal tersebut dapat semakin memperkuat fungsi media karena media tradisional terikat peraturan sehingga tidak semua informasi dapat diinformasikan,sedangkan jurnalisme warga tidak terikat oleh peraturan.

Kemajuan teknologi membuat jurnalisme warga  dengan mudah dapat dikemas dalam sosial media alternatif yang didesain khusus agar sesama warga desa dapat otomatis terhubung secara online.  Setiap warga mempunyai akun yang terhubung dengan akun lain di desa. Setiap posting, dan setiap berita lokal  baik tentang tema lingkungan (kerjabakti, bank sampah, pemisahan sampah, masalah sampah lokal) atau tema sosial masyarakat lain akan dikumpulkan dalam halaman desa masing-masing secara online.

 Jadi mari menjadi berdaya, mari kampanyekan isu lingkungan dan kemas semua itu dalam konsep jurnalisme warga di klipaa.com

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.