3 tahun yang lalu
Oleh: Indah sari

HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA

HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA



Hakikat Manusia adalah sebagai berikut :

a.       Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang tepat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

b.      Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.

c.       Yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.

d.      Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai dan (tuntas) selama hidupnya.

e.       Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.

f.        Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudannya merupakan keterdugaan dengan potensi yang tak terbatas.

g.      Makhluk tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan hajat.

h.      Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkunga sosial bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

 

PENGEMBANGAN DIMENSI HAKIKAT MANUSIA

Ada dua macam pengembangan hakikat manusia yaitu pengembangan yang utuh dan pengembangan yang tidak utuh :

1.      Perkembangan yang utuh

Tingkat keutuhan perkembangan dimensi hakikat manusia ditentukan oleh dua factor, yaitu kualitas dimensi hakikat manusia itu sendiri secara potensial dan kualitas Pendidikan yang disediakan untuk memberikan pelayanan atas perkembangannya. Selanjutnya perkembangan yang utuhdapat dilihat dari berbagai segi yaitu :

a.       Dari wujud dimensi

Keutuhan terjadi antara aspek jasmani dan rohani. Antara dimensi keindividualan, kesosialan kesusilaan, dan keberagamaan, antara aspek kognitif, efektif, dan fisikmotor. Pengembangan aspek jasmaniah dan rohaniah dikatakan utuh jika keduanya mendapat pelayanan secara seimbang.

b.      Dari arah pengembangan

Keutuhan pengembangan dimensi hakikat manusia dapat diarahkan kepada pengembangan dimensi keindividualan, kesosialan. Kesusilaan dan keberagamaan secara terpadu. Keempat dimensi tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

2.      Pengembangan tidak utuh

  •                      Pengembangan yang tidak utuh terhadap dimensi hakikat manusia akan terjadi di dalam proses             pengembangan jika ada unsur dimensi hakikat manusia yang terabaikan untuk ditangani. Misalnya dimensi             kesosialan didominasi oleh pengembangan domain kognitif. Pengembangan yang tidak utuh berakibat             terbentuknya kepribadian yang pucang dan tidak mantap. Pengembangan semacam ini merupakan pengembangan             yang patologis.



  • #TugasPIP2


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.