3 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

SUATU MALAM, BERSAMA ANAK MUDA PENUH CINTA


Sisa hujan seharian

membasahi awal malam

Menelusuri pantai selatan,

menemui  anak muda selatan

mata berbinar penuh harapan

 

Malam ini tim klipaa datang malam-malam ketemu dengan sekelompok anak muda Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut.  Mereka yang selama ini bukan hanya rindu perubahan tapi juga penuh semangat membangun desa, mengasah karya. Mereka yang sangat aktif berinisiatif  berkolaborasi  dengan potensi generasi muda setempat. 

Pertemuan ini seperti sebuah perjalanan takdir.   Klipaa dan para pemuda penuh semanta ini dipertemukan tanpa sebuah perencanaan sebelumnya. Takdir bertemu dalam semangat membangun desa.  Di satu sisi Tim klipaa sudah lama mencari tim solid untuk membuat model masyarakat desa yang penuh dengan anak muda kreatif, untuk membangun desa. Sebaliknya  di sisi lain anak anak muda ini juga membutuhkan media untuk memudahkan kolaborasi seperti klipaa.

 

Kita sepakat membenahi desa dengan beberapa alasan mendasar sebagai berikut:

  1. Desa adalah Hulu Soal  Apapun, termasuk sampah, soal kemiskinan miskin, soal lapar, soal banjir di Indonesia, sehingga kalau selesai soal soal hulu maka selesailah soal soal keIndonesiaan

  2. Petugas dari semua kementerian dan Pemda sudah sangat kompeten ada di desa, mereka perlu dikolaborasikan dalam satu media desa bersama

  3. Ruang lingkup kendali terjangkau dalam skala desa

  4. Desa Tipikal di Seluruh Indonesia sehingga jika pemodelan desa dapat diduplikasi ke desa lain

  5. Desa adalah Miniatur Indonesia (TNI,Polri, Kemensos, Kemendikbud, dll)

  6. Desa adalah lokus semua kebijakan dari semua Lembaga pemeritah     
  7. Anak anak muda mandala kasih penuh cinta pada desa,  bersepakat berkolaborasi membuat model perubahan masyarakat, dengan pendekatan  heutologi dimana target cara mencapai target, ukuran terhadap setiap pencapaian perubahan dilakukan secara bersama-sama. 

 

Perubahan by design akan dimulai di desa ini, embrio perubahan Indonesia!

 #desamandalakasih

#pameungpeuk

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.