5 tahun yang lalu
Oleh: Admin Desa Fanjur

Kondisi Peternakan Kampung Fanjur

Peternakan

Komoditas peternakan yang ada di Kampung Fanjur yang paling banyak babi kemudian kambing kacang. Ayam kampung dan ayam pedaging sudah mulai diusahakan oleh salah satu warga dengan populasi 500 ekor. Selain ayam pedaging ada juga ayam petelur dengan populasi 300 ekor. Sedang dalam proses mulai produksi, diangka 50 telur per hari.


Proses budidaya babi umumnya dikandangkan dengan skala usaha per rumah tangga berkisar  3-10 ekor.   Beternak babi sudah menjadi budaya bagi sebagian masyarakat kampung Fanjur, sehingga mayoritas penduduk (sekitar 70%) rumah tangga mempunyai ternak babi, dengan demikian populasi babi dengan berbagai usia mencapai 400 ekor. 

Prospek ayam potong cukup menjanjikan sehingga menjadi salah satu komoditas unggulan yang dapat dikembangkan.  Babi menjadi salah satu komoditas yang biasa diperjualbelikan dengan harga berkisar 3-5 juta per ekor.

Kambing diusahakan oleh beberapa keluarga saja, dengan masing-masing lebih dari 10 ekor. Jenis kambing yang diusahakan adalah kambing kacang dengan ukuran kambing sekitar 30 Kg.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.