3 tahun yang lalu
Oleh: Bayu Wahyu Aji

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Di Bidang Biologi.

Ilmu Biologi di rintis oleh Aristoteles, ilmuwan berkebangsaan Yunani. Dalam terminologi Aristoteles, "filosofi alam" adalah cabang filosofi yang meneliti fenomena alam, dan mencakupi bidang yang kini di sebut sebagai fisika, biologi, dan ilmu pengetahuan alam lainnya. 

1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan di bidang Biologi pada periode 1960-1970.

Pada periode ini, salah satu kemajuan di bidang biologi yang terkenal adalah penemuan DNA ileh ilmuan "Francis Harry Compton Crick". Secara garis besar peran DNA di dalam sebuah sel adalah sebagai materi genetik, arti nya DNA menyimpan cetak biru bagi segala aktivitas sel.

2. Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Biologi pada periode 1970-1980.

Pada periode ini, perkembangan Biologi salah satu nya adalah penemu Virus terutama HIV dan AIDS, yang di mulai nya pada abad ke -19 dengan di temukan nya kelainan pada daun tembakau berbintik kuning oleh Adolf Meyer, seorang ilmuwan asal German pada tahun 1883. Pada abad 20 pengetahuan tentang Virus yaitu bahwa Virus bersifat Pantogen dan dapat menular, Virus pun tidak dapat di tumbuhkan dalam medium tumbuh bakteri. Sejak itulah penelitian tentang virus berkembang. 

3. Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Biologi pada periode 1980-1990.

Pada awal tahun 1950an. Robbert Geoffrey Edwards mencetuskan sistem bayi tabung, yaitu perubahan sel telur yang di lakukan di luar tubuh. Tahun 1969 untuk pertama kali nya sebuah sel telur manusia di buahi di cawan di laboratorium. Namun sek telur yang di buahi itu tak berkembang sesuai yang di inginkan. Lompatan maju Riste Edwards terutama di capai setelah bekerjasama dengan Ginekolok Patrick Steptoe yang saat itu tengah mengembangkan teknik Laparoskopi. 

4. Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Biologi pada periode 1990-2013.

Pada periode 1990 sampai 2013 perkembangan ilmu pengetahuan di bidang biologi di tandai dengan di temukan nya kloning pada hewan

#tugasiad9

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.