3 tahun yang lalu
Oleh: Bayu Wahyu Aji

Pengertian Astronomi dan keterkaitan nya dengan Sains Islam.

Kata Astronomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata Astron (Bintang), yang kemudian di beri akhiran Nomi dari kata Nomos (Hukum atau Budaya). Maka secara harfiah dapat di artikan Hukum atau Budaya Bintang-Bintang. 

Ilmu Astronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari lintasan benda-benda langit, seperti matahari, bulan, bintang, dan benda-benda langit lainnya. Dalam literatur klasik ilmu ini di sebut juga dengan ilmu Falak. Dalam bahasa Arab Falak berarti Orbit atau lintasan dari benda-benda langit (Kadar Al-Nujum).

Akan tetapi, karena perubahan makna istilah astronomi dalam pandangan masyarakat sekarang berbeda dengan Ilmu Falak. Karena ilmu Falak, dapat di artikan sebagai ilmu yang hanya membahas tentang penentuan awal bulan Kamariah, awal waktu, arah Kiblat, dan kapan terjadi nya gerhana. Namun sekarang ilmu Astronomilah yang di yakini mempunyai objek kajian yang lebih luas dari pada Ilmu Falak. Karena objek kajian ilmu Galah hanya sebatas membahas tentang Matahari, bumi, dan bulan. 

#tugasIAD11

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.