3 tahun yang lalu
Oleh: Nita Paoziah

KIMIA DAN PROSESNYA

Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat dan perubahan dari suatu zat. Ilmu ini akan erat kaitannya dengan permasalahan-permasalahan sifat suatu unsur dan atom, bagaiaman pembentukan suatu senyawa, bagaimana atom berikatan satu sama lainnya, apa kegunaan dari suatu material, bagaimana reaksi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena luasnya bahasan yang termasuk dalam ruang lingkup kimia, maka para ahli menyebut ilmu kimia sebagai “central science” atau pusat dari ilmu pengetahuan. Ilmu kimia merupakan dasar ilmu yang dapat menjembatani semua ilmu pengetahuan alam, seperti biologi, fisika, geologi bahkan astronomi.

Manfaat Ilmu Kimia

Ilmu kimia memiliki kedudukan yang penting dan diperlukan oleh bidang ilmu lainnya. Beberapa manfaat yang sebenarnya itu merupakan manfaat ilmu kimia dalam kehidupan manusia bahkan tidak begitu disadari. Kimia sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari di dalam bidang apapun. Contohnya dibidang kedokteran/Kesehatan  Manfaat ilmu kimia  pada kehidupan manusia adalah Untuk membantu penyembuhan pasien yang mengidap suatu penyakit, digunakan obat-obatan yang dibuat berdasarkan hasil riset terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat yang dilakukan dalam cabang kimia farmasi. Kemudian pada bidang pertanian bukankah untuk mengembalikan kesuburan tanah perlu dilakukan penambahan pupuk, sedangkan hama dapat diatasi dengan penambahan pestisida. Manfaat dan bahaya penggunaan pupuk dan pestisida harus dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Hal yang harus diingat adalah pupuk dan pestisida adalah “produk” dari ilmu kimia. Ada juga Manfaat Ilmu kimia juga bisa mengenai bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatanmesin, mempelajari sifat, komposisi bahan bakar dan minyak pelumas mesin.

Kemudian yang disebut dengan proses kimia adalah proses perubahan kekal dari suatu zat dan menghasilkan zat yang baru yang sifatnya berbeda dengan zat sebelumnya. Contoh dari proses kimia adalah kayu yang dibakar akan menghasilkan asap dan panas dan kayu berubah menjadi abu atau arang. Nah kayu yang sudah dibakar menjadi abu tidak akan biasa balik lagi menjadi kayu seperti sebelumnya. Kejadian ini yang sering disebut dengan reaksi kimia atau proses kimiawi. Pada zaman modern ini makhluk hidup terutam manusia sulit untuk terlepas dengan bahan kimia karena 80% apapun sudah menggunakan bahan kimia. Namun jika digunakan secara berlebihan bahan kimia ini akan memberikakn dampak negative yang merugikan. Jadi untuk pemakaian bahan kimia tidak boleh digunakan secara berlebihan seperlunya saja. 


#IAD12

#ILMUALAMIAHDASAR12


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.