3 tahun yang lalu
Oleh: Astuti Candrawulan

FILSAFAT MODERN

    Filsafat modern muncul sejak abad ke-17  sampai dengan abad ke-20 di Eropa Barat dan Amerika Utara. Filsafat modern ini dimulai sejak munculnya rasionalisme lewat pemikiran Decrates, ia adalah seorang filsuf terkemuka di zaman modern. filsafat modern dibagi menjadi 3 periode yaitu:

1. Zaman Renaissans(Renaissance)

    Renaisans yang merupakan sebuah gerakan pembaharuan yang dikenal sebagai masa pencerahan (Aufklarung) yang bertujuan mereformasi ajaran-ajaran masyarakat seperti sastra, filsafat, seni, musik, politik, ilmu pengetahuan, dan agama yang selama ini terdoktrinasi oleh Ajaran-ajaran Gereja Vatikan Roma yang mempengaruhi kehidupan masyarakat secara luas.      Kebudayaan Renaisans mendorong kembali perkembangan Humanisme Klasik yang sempat terhambat oleh pemikiran-pemikiran abad pertengahan yang meposisikan manusia sebagai bagian dari alam dan negara yang atas ajaran ini manusia cenderung harus mengkesampingkan pemikiran individual yang terbuka. Humanisme Renaisans menekankan pemikiran bahwa manusia sebagai indivudualisme. Individualisme yang menganggap bahwa manusia sebagai pribadi perlu diperhatikan. Kita bukan hanya umat manusia, tetapi kita juga adalah individu-individu unik yang bebas untuk berbuat sesuatu dan menganut keyakinan tertentu

2.Zaman Pencerahan Budi(Aufklarung)
   Pada abad ke 18, pemikiran filsafat diliputi oleh suatu masa bernama Aufklarung, yang memiliki arti pencerahan. Kata Aufklarung sendiri berasal dari Bahasa Jerman, dalam Bahasa Inggris ini diartikan sebagai Enlightenment. Pada masa ini, masyarakat Eropa mendapatkan penerangan dari masa kegelapan dengan mulai optimis untuk maju dalam pemikiran dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.Masa ini juga tidak lepas dari pengaruh Renaissance sebagai gerakan sebelumnya dan merupakan hasil pahit dari empirisme dan rasionalisme yang muncul sebelumnya. Gerakan Aufklarung ini melanda hampir seluruh Eropa terutama di kawasan Inggris, Perancis, dan Jerman.Terjadinya gerakan Aufklarung ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu perdebatan antara pihak gereka yang menggunakan iman dan negarawan yang mementingkan akal, pemaksaan oleh pihak gereja kepada masyarakat untuk memaksakan doktrin dan melupakan kebudayaan Yunani dan Romawi Kuno.

3. Zaman Romantik
  Romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat abad ke-18 pada masa revolusi industri. Gerakan ini sebagian merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam. Gerakan ini mengangkat seni rakyat, alam dan kebiasaan, serta menganjurkan epustemologi yang didasarkan pada alam, termasuk aktivitas manusia yang dikondisikan oleh alam dalam bentuk bahasa, kebiasaan dan tradisi. Ia dipengaruhi oleh gagasan-gagasan Pencerahan dan mengagungkan medievalisme serta unsur-unsur seni dan narasi yang dianggap berasal dari periode Pertengahan. Nama "romantik" sendiri berasal dari istilah "romans" yaitu narasi heroik prosa atau puitis yang berasal dari sastra Abad Pertengahan dan Romantik.


#tugasFI4



0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.