3 tahun yang lalu
Oleh: Ade Irawan

PROSES KIMIA SERTA LINGKUNGAN HUDUP DAN MASALAHNYA


Kimia ( matan basa Arab كيمياء "seni transformasi" dan basa Yunani χημεία khemeia "alkimia") adalah ilmu nang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atawa materi matan skala atom hingga molekul serta perubahan atawa transformasi serta interaksi mereka hagan membentuk materi nang ditemukan sehari-hari. Kimia gin mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu lawan tujuan hagan menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan ulih struktur pada tingkat atom nang pada gilirannya ditentukan ulih gaya antaratom.

Pencemar datang dari berbagai sumber dan memasuki udara, air dan tanah dengan berbagai cara. Pencemar udara terutama datang dari kendaraan bermotor, industi, dan pembakaran sampah. Pencemar udara dapat pula berasal dari aktivitas gunung berapi.

Pencemaran sungai dan air tanah terutama dari kegiatan domestik, industri, dan pertanian. Limbah cair domestik terutama berupa BOD, COD, dan zat organik. Limbah cair industri menghasilkan BOD, COD, zat organik, dan berbagai pencemar beracun. Limbah cair dari kegiatan pertanian terutama berupa nitrat dan fosfat.

 

Proses pencemaran dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung yaitu bahan pencemar tersebut langsung berdampak meracuni sehingga mengganggu kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan atau mengganggu keseimbangan ekologis baik air, udara maupun tanah. Proses tidak langsung, yaitu beberapa zat kimia bereaksi di udara, air maupun tanah, sehingga menyebabkan pencemaran.

Pencemar ada yang langsung terasa dampaknya, misalnya berupa gangguan kesehatan langsung (penyakit akut), atau akan dirasakan setelah jangka waktu tertentu (penyakit kronis). Sebenarnya alam memiliki kemampuan sendiri untuk mengatasi pencemaran (self recovery), namun alam memiliki keterbatasan. Setelah batas itu terlampaui, maka pencemar akan berada di alam secara tetap atau terakumulasi dan kemudian berdampak pada manusia, material, hewan, tumbuhan dan ekosistem.

 #tugasIAD 

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.