3 tahun yang lalu
Oleh: Helena meilinda

KONSEP ANALITIS PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI DARING


"Efektifitas pembelajaran matematika melalui Daring" 


Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran yang dilakukan secara daring di era pandemi covid-19.

 

Ontologi : 

Melihat dari tanggapan para siswa yang ada di sekolah yang saya amati,  apalagi sekolah yang saya amati sekarang merupakan sekolah pelosok yang kebanyakan dari latar belakang tidak mampu,  (siswa tidak mempunyai handphone)  pembelajaran melalu daring itu sangat sulit digunakan apalagi pembelajaran matematika yang rata-rata ketika tatap mukapun ada saja yang belum paham tentang materi yang dibahas. 


Epistemologis : 


Jika dilihat dari kesiapan guru disekolah yang saya amati, ada pula guru yang tidak terlalu mengenal  bagaimana menggunakan media web. Apalagi dengan pembelajaran matematika yang bahasa tidak bisa dibaca atau di telaah sendiri oleh siswa,  apa lagi dwngan kondisi siswa yang jarang menggunakan handphone dengan keterbatasan signal, kuota, yang efeknya terhadap siswa yaitu sangat sulit untuk  berkonstrasi atau singkrong dengan apa yang guru jelaskan. 


Aksiolgi : 


Pembelajaran matematika yang bisanya menyenangkan ketika dikelas. Dan sekarang beralih ke daring menjadikan guru harus kreatif membuat banyak pembelajaran yang menarik. di sekolah yang saya amati di SMP Nahdlatul Ulama Cijeruk - Bogor.  Materi yang sedang dibahas yaitu tentang Garis dan Sudut. Peserta didik dapat mendengarkan dan melihat video yang guru buat dan di share di grup kelas, Dan aja juga siswa yang keterbatasan media sosial biasa guru memberikan buku paket  untuk dibaca dan  di pelajari di setip babnya guru memberikan latihan soal kepada para siswa adapun membuat jadwal berkumpul dengan siswa yang tidak mempunyai handphone 10 org/hari. dan di kumpulkan 1 minggu sekali, orang tuapun ikut serta penyerahan tugas yang sudah  dikerjakan oleh para siswa.


Kesimpulannya : 


Pembelajaran daring yang di anjurkan pemeritah terhadap sekolah. Itu sangat tidak efektif apa lagi di sekolah yang saya amati itu banyak keterbatasan.  Yang membuay siswa kesulitan belajar.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.