3 tahun yang lalu
Oleh: Jimmi E. Sibarani

Ilmu matematika sebagai ilmu dasar


*Abstrak




Ilmu matematika adalah ilmu yang diperlukan kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu matematika ini memiliki hubungan dengan ilmu sains, ilmu ekonomi, ilmu biologi dan ilmu-ilmu lainnya. Untuk itu ilmu ini sangat perlu diketahui oleh manusia untuk mempermudah kegiatan mereka sehari-hari




*Pembahasan




    Dengan mengutip dari materi akta V Filsafat Ilmu Buku IA (1984), maka berikut ini dijelaskan tentang perkembangan matematika. Ditinjau dari perkembangannya maka ilmu dapat dibagi menjadi tiga tahap, yakni tahap sistematika, komparatif, dan kuantitatif. Pada tahap sistematika maka ilmu mulai menggolongkan obyek empiris ke dalam kategori-kategori tertentu. Penggolongan ini memungkinkan kita untuk menemukan ciri-ciri yang bersifat umum dari anggota-anggota yang menjadi kelompok tertentu. Ciri-ciri yang bersifat umum ini merupakan pengetahuan bagi manusia dalam mengenali dunia fisik. Dalam tahap yang kedua kita mulai melakukan perbandingan antara obyek yang satu dengan obyek yang lain, kategori yang satu dengan kategori yang lain dan seterusnya. Kita mulai mencari hubungan yang didasarkan karena perbandingan antara berbagai obyek yang kita kaji. Tahap selanjunya adalah tahap kuantitatif dimana kita mencari hubungan sebab-akibat tidak lagi berdasarkan perbandingan melainkan berdasarkan pengukutan yang eksak dari obyek yang sedang kita selidiki. Bahasa verbal berfungsi dengan baik dalam kedua tahap yang pertama, namundalam tahap yang ketiga pengetahuan membutuhkan matematika. Lambang-lambang matematika bukan saja jelas tetapi juga eksak yang mengandung informasi tentang obyek tertentu dalam dimensi-dimensi pengukuran.




    Menurut akal sehat sehari-hari, kebenaran matematika tidak dapat ditentukan oleh pembuktian secara empiris, melainkan kepada penalaran deduktif. Jika seseorang memasukan dua bebek pada pagi hari, kemudia memasukan bebek dua ekor lagi pada siang hari, maka pada malam hari dia akan mengharapkan jumlah semuanya menjadi empat ekor. Sekiranya dia pada malam hari melakukan "verifikasi" dan jumlahnya hanya tiga ekor, segera dia menyimpulkan ada sesuatu yang salah secara empiris dibandingkan dengan penalaran rasionalnya, sebab apapun yang terjadi jumlahnya harus empat ekor. 




    Dalam filsafat ilmu, matematika merupakan sarana ilmiah yang penting untuk ilmu dan akurat, ini dikarenakan dengan pendekatan matematikalah ilmu dapat diukur dengan benar dan akurat. Disamping itu, matematika dapat menyederhanakan uraian yang panjang dalam bentuk simbol, sehingga lebih cepat dipahami dalam matematik, terdapat sistem tertentu yang dapat dipergunakan sebagai model dari struktur fisik yang diselidiki.








#tugasfi10

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.