3 tahun yang lalu
Oleh: Maria Yustina Fono

Perubahan Iklim Global Sebagai Masalah Krisis Lingkungan Yang Berdampak Negatif Pada Eksisten Manusia,Pola Pikir Manusia,Alam dan Pembangunan Berkelanjutan

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematis yang didasarkan pada penyelidikan dan interpretasi terhadap peristiwa-peristiwa atau gejala alam melalui metode dan sikap ilmiah.
Nalar adalah pertimbangan tentang baik buruk,akal budi atau aktivitas yang memungkinkan seseorang berpikir logis,jangkauan pikir dan kekuatan pikir.
Penalaran adalah hal mengembangkan atau mengendalikan sesuatu dengan nalar dan bukan dengan perasaan atau pengalaman.
Ada dua macam penalaran yaitu
Penalaran deduktif adalah cara berfikir yang bertolak belakang dari pernyataan yang bersifat umum untuk menarik kesimpulan yang bersifat khusus. Penarikan kesimpulan secara deduktif ini menggunakan pola berfikir yang disebut silogisme.
Penalaran induktif adalah cara berfikir dengan menarik kesimpulan umum dari pengamatan atas gejala-gejala yang bersifat khusus. Dengan penalaran induktif makin lama dapat disusun pernyataan yang lebih umum lagi dan makin bersifat fundamental.

Ilmu biologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu yang mengalami perkembangan yaitu tentang transplantasi organ. Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing dengan istilah transplantasi organ. Sesuai dengan namanya transplantasi organ adalah pemindahan organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain, atau dari suatu bagian ke bagian yang lain pada tubuh yang sama. Transplantasi ini ditujukan untuk menggantikan organ yang rusak atau tak befungsi pada penerima dengan organ lain yang masih berfungsi dari pendonor. 
Transplantasi organ yang biasa dilakukan dulu adalah organ ginjal, pankreas, liver, paru-paru. kemudian, pada tahun 1967 tranplantasi jantung pertama berhasil dilakukan. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kedokteran, Para ahli kedokteran terus menyempurnakan dan mengembangkan teknik transplantasi organ. Saat ini teknologi kedokteran dalam hal transplantasi semakin maju dan masih akan terus berkembang.
Ilmu astronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari lintasan benda-benda langit,seperti matahari,bulan,bintang-bintang dan benda-benda langit lainnya,dengan tujuan untuk mengetahui posisi dari benda-benda langit itu serta kedudukannya dari benda-benda langit lain. Ilmu astronomi mempunyai objek kajian yang luas dari pada ilmu falak,karena objek kajian ilmu falak dalam masalah ibadah hanya membahas tentang matahari,bumi,dan bulan.Tidak seperti astronomi yang juga membahas tentang peredaran planet-planet atau benda langit lainnya.
Berbicara soal kimia, pasti tdk asing lagi kita sudah pernah belajar saat di sekolah mengenai perubahan kimia dan fisika. Yang akan kita bahas mengenai kimia proses perubahan dan efeknya pada lingkungan.
Perubahan kimia adalah suatu perubahan materi yang menghasilkan jenis dan sifat materi berbeda (baru) dari zat semula dinamakan (perubahan kimia dinamakan juga reaksi kimia atau reaksi).Manfaatnya
untuk mempermudah dalam melakukan percobaan atau eksperimen.Contohnya seperti Memasak dengan kayu bakar. Orang tua biasanya menggunakan kayu bakar untuk memasak. Kegiatan ini memanfaatkan perubahan kimia yaitu pembakaran.
Sejarah kimia merepresentasikan rentang waktu dari sejarah kuno sampai sekarang. Pada 1000 SM, peradaban menggunakan teknologi yang pada akhirnya akan membentuk basis berbagai cabang ilmu kimia. Contohnya termasuk mengekstraksi logam dari bijihnya, membuat tembikar dan glasir, memfermentasi bir dan anggur, mengeluarkan bahan kimia dari tumbuh-tumbuhan untuk obat-obatan dan parfum, mengubah lemak menjadi sabun, membuat kaca, dan membuat paduan seperti perunggu.

Kebutuhan ekonomi yang semakin mendesak dan kompleks serta perkembangan IPTEK secara langsung membawa dampak pada kondisi alam dan lingkungan hidup. Gaya hidup moderen meyeret manusia pada mentalitas pemakai bukan pemelihara. Dalam bukunya filsafat lingkungan hidup, Sonny Keraf menegaskan kembali pemahaman Fitjrof Capra tentang hubungan kebutuhan ekonomi dan manusia pada masa sekarang ini. 
Ia menegaskan bahwa, sesungguhnya selama ini manusia moderen telah terperangkap dan diperdaya oleh ekonomi moderen yang kapitalistik yang telah melepaskan ekonomi dari habitat ekologinya.
Pengembangan IPTEK dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup manusia. Manfaat ini merebak ke segala jenis faktor kehidupan. Dalam bidang pertanian, komunikasi, pendidikan, sosial budaya, politik ekonomi dan lain-lain. 

Manusia sebagai makhluk berfikir dibekali hasrat ingin tahu tentang benda dan peristiwa yang terjadi di sekitarnya termasuk juga ingin tahu tentang dirinya sendiri. Rasa ingin tahu inilah mendorong manusia untuk memahami gejala-gejala alam, baik alam besar (makrokosmos) maupun alam kecil (mikrokosmos), serta berusaha memecahkan masalah yang di hadapi. Dorongan rasa ingin tahu dan usaha untuk memahami dan memecahkan masalah yang dihadapi, menyebabkan manusia dapat mengumpulkan pengetahuan. Rasa ingin tahu yang terdapat pada manusia ini menyebabkan pengetahuan mereka menjadi berkembang, setiap hari mereka berhubungan dan mengamati benda- benda dan perisiwa-peristiwa yang terjadi di alam sekitar. Manusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencoba menjawab dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman, tetapi sering upaya itu tidak terjawab secara memuaskan.


#ilmualamiahdasar#IAD

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.