3 tahun yang lalu
Oleh: Uswatun Hasanah

Atasi Pembelajaran Matematika dengan kreatifitas tenaga pendidik

Akhir-akhir ini berbagai Negara di dunia sedang mengalami krisis di berbagai aspek akibat dari adanya penyakit yang di sebabkan virus dikenal dengan corona atau biasa disebut dengan covid 19. Di Indonesia sendiri perkembangan pesat mulai terjadi sekitar pertengahan maret 2020. Seiring dengan semakin tingginya angka kematian corona ini. Akibat dari pandemic covid 19,berbagai kebijakan pun dikeluarkan oleh pemerintah sebagai usaha untuk memutus mata rantai covid 19 di Indonesia. Salah satu upaya yang dikeluarkan pemerintah ialah dengan menerapkan physical distancing yakni himbauan intuk menjaga jarak diantara masyarakat, menjauhi aktivitas yang dapat mengundang keramaian.

          Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan yang dikenal dengan Work From Home.Kebijakan ini berisi himbauan kepada masyarakat Indonesia agar dapat menyelesaikan segala bentuk pekerjaannya di rumah,akibat dari kebijakan ini pun membuat berbagai sektor mulai terganggu, salah satunya ialah sektor pendidikan. Dengan adanya pembatasan interaksi, Kementerian Pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (Daring).

Pembelajaran secara daring diimplementasikan dengan beragam cara oleh pendidik ditengah penutupan sekolah  selama bulan pekan untuk mengantisipasi virus corona. Dalam pembelajaran daring yang sekarang dijalankan oleh semua tenaga pendidik tentunya memberikan tantangan, pengalaman dan pengembangan diri terhadap tenaga pendidik itu sendiri.

Terutama pada mapel matematika harus memberikan daring yang menyenangkan dan memahamkan pada siswa,saya memberikan pembelajaran berupa tutorial vidio dan aplikasi seperti aplikasi quizizz.Tutorial vidio harus diberikan diisetiap penyampaian materi matematika karena matematika tidak bisa dicerna dan dipahami anak hanya dengan membaca sehingga harus memerlukan tutorial. Sehingga dalam penyampaian materi pengukuran sudut saya memberikan tutorial berupa vidio cara menggunakan busur derajat untuk mengukur sudut.

Quizizz adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh guru untuk memberikan soal dan penilaian dalam pembelajaran. Aplikasi ini sangat efektif untuk mengetahui dan mengukur pemahaman anak pada akhir bab materi pelajaran.

Kelebihan quizizz :

1.   Terjadinya kompetisi antar siswa karena setiap selesai mengerjakan soal langsung muncul skor sehingga siswa lebih semangat dalam mengerjakan

2.   Terdapat peringkat dalam quizizz

3.   Tampilan meme yang bisa dibuat dari foto siswa kelas tersebut

4.   Memudahkan guru dalam penilaian karena langsung otomatis terlihat nilai setiap anak

5.   Dikoordinir oleh guru dari mulai dan akhir pelaksanaan quizizz

Kekurangan quizizz :

1.     Dalam pembelajaran daring mata pelajaran matematika quiziz hanya bisa digunakan untuk evaluasi siswa karena dalam aplikasi ini tidak mencantumkan cara dalam pengerjaan soal sehingga kurang sesuai digunakan dalam mapel Matematika

Pembelajaran daring mendorong pendidik untuk selalu mengevaluasi setiap pembelajaran yang disampaikan kepada siswa agar materi benar-benar dapat tersampaikan dengan baik.

Dalam penggunaan tutorial vidio sangat efektif digunakan dalam mata pelajaran matematika untuk memaksimalkan pemahaman materi dan penggunaan quizizz kurang efektif digunakan dalam mapel matematika karena tidak bisa melihat detail pemahaman siswa jadi hanya untuk evaluasi diakhir bab pelajaran, sehingga untuk selanjutnya memaksimalkan kreatifitas aplikasi pembelajaran untuk menunjang pembelajaran daring terutama mata pelajaran Matematika.

Tiga langkah strategis yang dapat dilakukan Kemendikbud untuk mengatasi permasalahan tersebut dan mendukung budaya pembelajaran daring di Indonesia, bahkan pasca pandemi COVID-19 berakhir.

Pertama, menanamkan pola pikir tentang cara baru belajar

Kedua, menyiapkan regulasi untuk pengembangan sumber belajar digital

Ketiga, mencetak tenaga pendidik yang adaptif dalam teknologi pembelajaran.

Kehadiran COVID-19 menunjukkan ketidaksiapan sistem pendidikan di Indonesia baik di tingkat sekolah maupun universitas dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring. Padahal, dengan dukungan infrastruktur digital yang baik, pembelajaran daring dapat mendistribusikan materi pembelajaran yang berkualitas kepada siswa dari berbagai daerah di Indonesia, tanpa harus bergantung pada kehadiran universitas papan atas. Siswa dengan keterbatasan fisik dan mental yang menyebabkan meraka harus tinggal di rumah, juga akan memperoleh layanan pendidikan yang layak seperti siswa lainnya.

#TugasFIUAS

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.