3 tahun yang lalu
Oleh: sintia malenia

Kimia dan prosesnya serta lingkungan hidup dan masalahnya

Kimia (dari bahasa Arab: كيمياء, transliterasi: kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani: χημεία, transliterasi: khemeia) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom dan ikatan kimia.


Setiap lingkungan hidup diatur oleh suatu hukum alam secara otomatis. Jika salah satu komponen mengalami kerusakan, akan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain. Hal tersebut karena dalam suatu lingkungan hidup dari satu unsur lain memengaruhi unsur yang lainnya. Lingkungan hidup diatur oleh suatu hukum alam secara otomatis. Jika salah satu komponen rusak, maka akan mengganggu komponen lain. 


Rangkaian pokok permasalahan dalam lingkungan hidup, sebagai berikut: Pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam yang semakin terbatas. Grafik kenaikan penduduk dunia sejak permulaan abad ke-18 yang meningkat tajam. Pertumbuhan ekonomi tidak merata Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dilandasi oleh moral akan mengancam keserasian kehidupan di dunia. Permasalahan yang terjadi jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan kerusakan lingkungan hidup. 


Keterkaitan keempat faktor tersebut dan keterkaitannya dengan lingkungan hidup semakin erat sehingga setiap permasalahan harus dilihat secara utuh sebagai kesatuan permasalahan manusia. Permasalahan lingkungan menjadi tanggung jawab manusia di dalamnya. Sehingga komponen seperti hewan, tumbuhan, air, udara, dan tanah harus dijaga kelestariannya. Kelestarian tersebut harus dilakukan mengingat pengaruhnya sangat besar bagi pengembangan manusia. 


Terdapat faktor-faktor yang memengaruhi lingkungan hidup antara lain sebagai berikut: Kelakuan atau kondisi unsur lingkungan hidup. Misalnya orang merokok di ruangan tertutup dan membuat pengap. Jenis dan jumlah masing-masing unsur lingkungan hidup. Akan terlihat perbedaan lingkungan hidup pada daerah bukit tandus dengan daerah yang tertutup rimbun oleh tumbuhan. Hubungan atau interaksi antarunsur dalam lingkungan hidup. Interaksi ini tidak hanya menyangkut komponen biofisik melainkan juga hubungan sosial. Faktor-faktor nonmaterial, antara lain kondisi suhu, cahaya, dan kebisingan. 

#IAD12 #IAD_12 #Tugas_IAD12 #ilmualamiahdasar12


@choyei @animarlina

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.