3 tahun yang lalu
Oleh: sintia malenia

Perkembangan dan pengembangan ilmu pengetahuan alam


Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang mempelajari tentang pengungkapan rahasia dan gejala alam ,meliputi :asal mula alam semesta dengan segala isinya,termasuk proses,mekanisme,sifat benda maupun peristiwa yang terjadi.Ilmu pengetahuan  ini dikembangkan manusia karena pada dasarnya manusia selalu ingin tahu, dibekali dengan kemampuan untuk berfikir  dan merupakan sebuah kebutuhan untuk memahami dan menjelaskan segala gejala alam.Pengetahuan yang dIperoleh dari alam semesta ini selanjutnya merupakan dasar dari pengembangan ilmu pengetahuan alam(IPA).Informasi yang didapat dapat disimpan dan diajarkan kepada generasi berikut nya,ditambah dengan pengetahuan yang diperoleh saat itu maka informasi tentang pengetahuan ini terus bertambah dan berkembang dari generasi ke generasi berikutnya.

Syarat-syarat pengetahuan dapat dikatakan ilmu adalah:

1.      Logis, yaitu pengetahuan tersebut masuk akal dan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu pengetahuan.

2.      Objektif, yaitu pengetahuan yang didapat harus sesuai dengan objeknya dan didukung oleh fakta empiris.

3.      Metodik, yaitu pengetahuan diperoleh dengan cara-cara tertentu yang teratur, dirancang, diamati, dan dikontrol.

4.      Sistematik, yaitu pengetahuan disusun dalam satu sistem yang sering berkaitan dan menjelaskan satu sama lain sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

5.      Universal, yaitu pengetahuan berlaku untuk siapa saja dan dimana saja yaitu dengan cara eksperimentasi yang sama akan diperoleh hasil yang sama.

6.      Komulatif


Awal dari IPA dimulai pada saat manusia memperhatikan gejala-gejala alam, mencatatnya kemudian mempelajarinya. Pengetahuan yang diperoleh mula-mula terbatas pada hasil pengamatan terhadap gejala alam yang ada. Kemudian makin bertambah dengan pengetahuan yang diperoleh dari hasil pemikirannya. Selanjutnya dari peningkatan kemampuan daya pikirnya manusia mampu melakukan eksperimen untuk membuktikan dan mencari kebenaran dari suatu pengetahuan. Dari hasil eksperimen ini kemudian diperoleh pengetahuan yang baru. Setelah manusia mempu memadukan kemampuan penalaran dengan eksperimen ini lahirlah IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) sebagai suatu ilmu yang mantap.

Perkembangan ipa tidak jauh dari kaitan landasan ilmu pengetahuan itu sendiri antara lain :

Hipotesis merupakan strata ilmu yang paling rendah berupa dugaan atau prediksi yang diambil berdasarkan pengetahuan atau teori yang sudah ada untuk menjawab penelitian yang sedang dilakukan.

Teori merupakan strata ilmu yang lebih tinggi dari hipotesis yang berupa landasan ilmu yang telah teruji kebenarannya namun teori masih mungkin untuk dikoreksi dengan teori baru yang lebih tepat.

Hukum dan dalil merupakan strata ilmu yang paling tinggi , berupa teori yang telah diuji terus menerus dan diketahui tidak ditemukan adanya kesalahan.

Berikut ini adalah diagram perkembangan ilmu pengetahuan alam diurutkan melalui abad :



Ilmu pengetahuan akan terus berkembang sejalan dengan sifat manusia yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dipunyai atau diketahuinya, berdasarkan hal tersebut, maka ilmu pengetahuan merupakan siklus ilmu dengan penelitian sebagai intinya yang tidak pernah terputus bahkan ia akan semakin membesar dan meluas.

#IAD_3#IAD3#TUGAS_IAD3#tugas_IAD3


@animarlina @choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.