3 tahun yang lalu
Oleh: sintia malenia

Perkembangan penalaran di bidang ilmu pengetahuan

Perkembangan pengetahuan alam berawal dari perkembangan alam pikiran manusia yang bersifat anorganis dan organis. Ada 2 macam perkembangan alam pikiran yaitu sejak dilahirkan hingga hayat dan sejak zaman purba hingga saat ini. Pada dasarnya pengisi bumi tunduk pada hukum alam dan makhluk hidup tunduk pada hukum kehidupan. Akal budi, rasa ingin tahu dan kemauan keras sudah menjadi sifat unik manusia.

Pada penalaran ilmu pengetahuan alam, ada 3 tahap sejarah perkembangan manusia, yaitu :

Tahap Teologis. Tahap teologis merupakan tahap dimana manusia mempercayai bahwa fenomena yang terjadi di dunia merupakan kuasa dari Tuhan atau dewa - dewa. Tahap teologis terbagi menjadi 3, yaitu : 

Animisme (beranggapan bahwa semua benda yang terdapat di dunia, baik itu benda mati maupun benda hidup, semua memiliki jiwa),  

Politeisme (anggapan bahwa terdapat dewa - dewa yang mengatur masing - masing aspek kehidupan, misalkan dewa laut), 

Monoteisme (anggapan bahwa Tuhan hanya satu / esa)

Tahap Metafisis. Tahap metafisis merupakan tahap dimana manusia percaya akan kekuatan - kekuatan di atas manusia ( contohnya kekuatan ghaib).

Tahap Positif. Tahap positif merupakan tahap dimana manusia lebih mempercayai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mulai berfikir secara ilmiah.

Lalu, mitos itu termasuk tahap apa?

Mitos terbagi kedalam 3 macam yaitu mitos sebenarnya, cerita rakyat, dan legenda. Mitos ini timbul karena adanya keterbatasan pengetahuan, penalaran dan panca indra manusia dan keingintahuan manusia yang telah dipenuhi walaupun sementara. Mitos terjadi pada zaman babylonia, yaitu horoskop (ramalan bintang), ekliptika (bidang edar matahari), dan bentuk alam semesta yang menyerupai ruangan setengah bola dengan bumi datar.

Selanjutnya tokoh-tokoh perubahan yang muncul pada zaman tersebut adalah anaximender, anaximenes, herakleitos, dan phytagoras. Himpunan yang diperoleh dari penalaran deduktif dan induktif tidak dapat diandalkan sebagai ilmu pengetahuan, maka muncullah ilmu secara teoritis yang didapat dari pengamatan dan experimentasi terhadap gejala-gejala alam dan konsep tersebut disebut sebagai ilmu pengetahuan alam.

#IAD_2 #IAD2 #TUGAS_IAD2 #tugas_IAD2

@animarlina @choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.