3 tahun yang lalu
Oleh: Winda Wulandari

Pengembangan Ilmu Dalam Peradapan Manusia Dan Pengaruh Terhadap IPTEK


Kekuatan

Ilmu pengetahuan dan teknologi, lingkungan, budaya bangsa merupakan tiga unsur yang sangat erat hubungannya dalam peradaban manusia dalam kehidupannya. Kondisi kebudayaannya terhadap lingkungan telah melahirkan pengetahuan dan cara atau teknologi yang tepat guna untuk kesinambungan kehidupan dimuka bumi. Lingkungan tempat seluruh kehidupan makhluk hidup dimuka merupakan kondisi awal yang kemudian akan memberi tantangan bagi para penghuni untuk beradaptasi yang kemudian berlanjut dengan perkembangan perilakunya.

Kelemahan :

Kondisi awal yang umumnya kurang mendukung, masih terciptanya budaya dengan kemudahan dalam kehidupan dengan kejadian rendah terhadap bencana alam ini, telah memberikan perhatian dan kepedulian tentang penciptaan pengetahuan dan teknologi berjalan sesuai kondisi yang berkembang. Sehingga perkembangan iptek dari awal masih sangat tergantung pada perkembangan di tingkat global. Dari perjalanan Bangsa Indonesia sejak jaman kemerdekaan hingga kini, pengelolaan dan pembinaan iptek terkesan ketergantungan pada iptek manca negara, hingga landasan dasar iptek yang cocok dan sesuai dengan kondisi lingkungan di Indonesia kurang mendapat perhatian dan dukungan.

Peluang

Untuk memecahkan masalah masalah praktis dan mengatasi kesulitan kesulitan yang dihadapi manusia, mendorong masyarakat menemukan karya inovatif, memudahkan pekerjaan dan dapat keuntungan, dan lain lain juga meberikan manfaat bagi kehidupan rakyat yang akan terus meningkat menuju kehidupan yang sejahtera.

Ancaman/tantangan :

Dari kondisi iptek saat ini yang umumnya cenderung tergantung pada perkembangan kondisi tingkat internasional, diikuti pula dengan masuknya budaya asing, telah menghantar pada kenyataan budaya bangsa makin kehilangan keasliannya. Selanjutnya dari wacana dan perkembangan budaya iptek dan budaya bangsa Indonesia yang makin pudar keasliannya, maka upaya strategis dan sinergis untuk menyelaraskan kondisi ini seharusnya perlu penyadaran diri.

#tugasfilsafatilmu

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.