3 tahun yang lalu
Oleh: Anggita Rahmayani

PENTINGNYA RASA CINTA TERHADAP MAKHLUK LAINNYA YANG ADA DI BUMI

PENTINGNYA RASA CINTA TERHADAP MAKHLUK LAINNYA YANG ADA DI BUMI


Apa yang membedakan manusia dengan binatang, Dalam pemikiran filsafat eksistensialisme?
Yaitu dengan Adanya Akal rasa dan karsa sehingga manusia bisa mempebaharui ide-ide yang didaptkannya. Wujud dari ide itu adalah existensi. Sementara binatang terbatas hanya pada insting. Jikk insting yang dimilikinya hanya untuk mencium s/d jarak 5 km, maka binatang tersebut tidak bisa menambah jarak,.artinya tidak mampu eksis sesuai dengan peradaban.

Maksud dari tujuan pragmatisme yang dikemukakan oleh Pierce untuk mengatasi verbalisme yang menyangkut intelektual?
Tujuannya ingin dituruti semua pikiran logikanya walau tidak bisa digambarkan dengan jelas ungkapannya tersebut. Sehingga memaksa orang yang mendengar untuk faham dan mengerti juga menurut.

Maksud dari  Principles of Geology, Lyell menyatakan bahwa dunia diciptakan bukan karena kekuatan super natural tetapi secara geologis saja ialah?
Maksudnya memberikan penjelasan pada manusia bahwa bumi, langit, angkasa raya, dan isinya diciptakan dengan logis bukan hasil sulap semata.

Positivisme dalam filsafat beranggapan bahwa yang dapat diselidiki dan dipelajari hanyalah yang berdasarkan fakta-fakta, dan data data yang nyata. Dalam hal seperti ini apakah ada kekurangan dan kelebihannya?
Secara filsafat... jika positivisme bisa dibuktikan dengan fakta-fakta tidak ada kekurangannya. Karena memang filsafat koridornya disitu semua terbukti secara panca inderawi. Kita ambil contoh tentang covid, orang pada gak percaya. Tapi dengan bantuan alat maka hal yang mustahil pun benar adanya...

menurut Empedocles (490-430SM), menekankan bahwa kehidupan berkembang dari yang tidak sempurna kepada bentuk yang sempurna. contohnya apa saja?
Contohnya: sebelum;manusia jadi salah satu penghuni bumi, terlebih dahulu tumbuh-tumbuhan. Namun tidakk berarti dan usia bumi cepat musnah karena tidakk terjadi regenerasi. Kemudian ditambah hewan-hewan. Begitu juga pada akhirnya saling memakan, bumi punah juga tidak ada kehidupan,, sehingga manusia diciptakan dengan dianugerahi akal rasa dan karsa dengan tujuan alam dan hewan bisa terus lestari. Itu secara teori naturenya. Secara teori nurturenya itu terletak pd sejarah peradaban manusia.
Jadi saling ketergantungan satu sama lain, tapi skarang manusia bertingkah seolah tidak membutuhkan makhluk lainnya untuk hidup contohnya sprti mengeruk tanah yang ada dibukit mengambil batu gunung untuk membangun jalan-jalan serta gedung-gedung pencakar langit,  terus banyak juga pemuda-pemuda atau pecinta alam yang menggunakan kata salam lestari hanya untuk melestarikan momentnya mereka saja saat ada di alam bukan untuk melestarikan alamnya.  Kalo dari kejadian tersebut kira-kira bagaimana cara menanggulangi nya  ?
Pada dasarnya saling bergantung. Dan ketika manusia berperilaku berlebihan merugikan makhluk-makhluk lainnya, maka akibat akan didapatkan pd masanya nanti. Misal binatang-binatang yg hidup di gunung yg dieksploitasi berpindah tempat, pindah tempatnya bisa saja ke permukiman penduduk jika semua gunung hutan ladang pesawahan berubah menjadi central produksi. Sehingga sering terjadi beberapa permukiman penduduk diberitakan diserang ulat, cacing, serangga dan mungkin suatu saat binatang lainnya akan berdatangan yang tak lazim jumlahnya. Padahal binatang-binatang tersebut tidak menyerang, tapi diundang. Karena habitatnya diusik maka mereka pindah tempat sebagai upaya menyelamatkan diri bukan untuk menyerang manusia. Sprti covid datang saat ini itu bukan untuk dilawan karena mereka tak pernah mengajak tanding atau lomba atau berperang. Tapi dominasi manusia yang mengundang dengan merusak habitat-habitanya yang ada di hidup aman damai di hewan-hewan yang sudah ditentukan contoh habitat covid (tubuh kelelawar, reptil, serangga, dan binatang-binatang lain yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi manusia).

Ini bagian kecil contoh ttg kebergantungan hewan.

Kemudian akibat dr pengerukan tanpa batas untuk bahan bangunan atau alasan lain yang sifatnya materi. Pada masanya nanti akan meluluhlantahkan sekitar ketika tidak dilestarikan. Contoh biasa banjir yg selalu terjadi, banjir ada jika tanah tidak mampu lagi menyerap karena tanah-tanah yang seharusnya berfungsi sebagai penyerapan tidak bisa difungsikan karena di dalam tanah dominasi bukan lagi tanah, tapi gorong-gorong pondasi besi baja beton yg menghambat penyerapan. Selain itu seringkali terjadinya gempa karena akibat dari penanaman paku alam yg hampir diseluruh belahan dunia melakukan pembangunan besar-besaran gedung-gedung tinggi yg membutuhkan pondasi dalam serta bangunan-bangunan lain yang tidak supoirt carryng capacity (daya dukung lingkungan).

Ini gejala2 biasa yang sudah kita ketahui sejak belajar ipa saat sekolah, tapi hal sepele ini jika tidak diindahkan maka akibatnya fatal, generasi berikutnya terancam tidak bisa menikmati keindahan alam, kenyamanan bumi yang sudah pernah dirasakan generasi berikutnya.

Contohnya  sekarang. Tahun 2020 adanya covid, dunia terancam akan kehilangan 1 generasi. seluruh generasi diseluruh dunia terancam tidak bisa melanjutkan kelangsungan hidup dengan normal. Tidak ada ujian tatap muka, tidak ada wisuda, tidak ada tes saringan, tidak ada lagi sekolah favorite yang selalu dibanggakan dicita-citakan sebagaimana  generasi sebelumnya. Titik jenuh e-learning akan berdampak lebih mengerikan secarabmental .
Menanggulanginya harus sadar diri, jika tidak bisa disadarkan dengan teguran, peringatan, maka akan disadarkan dengan bencana kecil, tidak sadar juga maka akan disadarkan dengan bencana besar... jika tidak sadar pula maka akan dibumihanguskan layaknya tsunami aceh. Jika tidak sadar-sadar pula dengan berbagai bencana. Maka Tuhan akan gantikan penghuni bumi dengan manusia lainnya..

Sekarang covid melanda, jika manusia dominasi tidak sadar pula akan pentingnya alam dan isinya, maka hal seperti itu bisa terjadi bencana .


Kesimpulan nya: 

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena manusia diciptakan lengkap dengan akal, rasa, dan karsa sehingga manusia merupakan makhluk yang paling tinggi derajatnya dari makhluk lainnya. Namun kini karena manusia merasa dirinya paling hebat dan tinggi derajat nya maka  manusia merasa dan bertingkah selayak tidak membutuhkan makhluk lainnya dalam melangsungkan hidupnya.


#FI8

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.