3 tahun yang lalu
Oleh: Astuti Candrawulan

PENGERTIAN DIALEKTIKA

 Dialektika merupakan suatu ilmu pengetahuan tentang hukum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis adalah interaksi dan investigasi dengan alam, masyarakat, dan pemikiran.

   Pengertian dialektika menurut Aristoteles dalam buku Cecep Sumarna (2006:132) adalah "Menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya". 

    Menurut Socrates metode dialektika merupakan metode atau cara memahami sesuatu dengan berdialog. Dialog adalah komunikasi dua arah, dimana salah satunya sebagai pembicara dan yang lainnya mendengarkan. Dengan berdialog diharapkan dapat memecahkan atau menyelesaikan sebuah probelem yang ada. Dari hal tersebut ada proses pemikiran seseorang yang berkembang karena mendapat ide-ide baru dari hasil berdialog. Tujuan berdialog ialah untuk saling mengetahui dan memahami kesimpulan yang didapat dari proses dua arah tersebut.

    Berikutnya metode dialektika menurut Hegel adalah metode yang memahami dan memecahkan persoalan berdasarkan tiga elemen yaitu tesa, antitesa, dan sintesa. Tesa adalah suatu persoalan atau probelem tertentu, sedangkan antitesa adalah suatu reaksi, tanggapan, ataupun komentar kritis terhadap tesa.  Dari kedua elemen tersebut kemudian munculah sintesa, yaitu siatu kesimpulan. Metode ini bertujuan untuk mengembangkan proses berfikir secara dinamis dan memecahkan persoalan yang muncul karena adanya argumen yang kontradiktif atau berhadapan sehingga dicapai kesepakatan yang rasional (Irmayanti, M Budianto, 2002:14 dalam Joko Suwarno).

   Dapat disimpulkan bahwa metode dialektika merupakan suatu cara untuk mencapai kesepakatan yang rasional  dari permasalahan yang ada dengan komunikasi dua arah atau berdialog.


#tugasFI11

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.