5 tahun yang lalu
Oleh: Admin Desa Kersamenak

Hasil Pelatihan bank Sampah, Sudah Jadi Bahan Studi Banding Desa Lain

Pelatihan ini sebenarnya dilaksanakan pada tahun 2017.  Desa perlu mengarsipkan berita sekedar sebagai pengingat bahwa desa ini memiliki komitmen penuh pada penanggulangan sampah. Pelatihan mengenai bank sampah bekerja sama dengan berbagai pihak salah satunya dengan program ecovillage yang diluncurkan dari pemerintah.  Pelatihan berlangsung dengan semangat, dimana pendekatannya adalah RW, setiap RW diberi target untuk menampung sampah warga dan kemudian dikumpulkan di RW o5.

Alhamdulillah RW 05 di Desa Kersamenak sekarang sudah menjadi rujukan pengelolaan sampah di banyak tempat.  Pak RW sudah sering diudang di berbagai kegiatan pelatihan di berbagai desa di kecamatan lainnya.  Di desa kami sampah sudah disepakati sebagai musuh bersama, dan siapapunyang membuat sampah sembarangan layak disebut sebagai “teroris lingkungan”.

Untuk urusan pengendalian sampah, kepala desa bahkan pernah mengintip dini hari, untuk mengetahui siapa sih yang membuang sampah sembarangan ke sungai.  Dengan cara itu, solusi pembinaan bisa langsung kepada pelaku yang melakukan teror lingkungan

1 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.