4 tahun yang lalu
Oleh: Saleh Rasid

CANDI BAHAL PORTIBI

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

        Di Tapanuli bagian Selatan tepatnya di Padang Lawas Utara terdapat bangunan candi yang bernilai sejarah. Candi ini merupakan satu-satunya peninggalan kejayaan Sriwijaya di Sumatera Utara.

        Orang menyebutnya Candi Bahal, Biaro Bahal, atau Candi Portibi. Bangunan peninggalan Buddha aliran Vajrayana ini terletak di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Padangsidimpuan atau sekitar 420 km dari Kota Medan, ibukota Sumatera Utara.

        Dilansir dari pedomanwisata.com, Candi Bahal atau Portibi ini diperkirakan telah ada selama ribuan tahun. Ada yang menyebut candi ini dibangun oleh Raja Hindu Shiva dari Tamil yang memerintah dari India Selatan. Namun, pakar lain mengatakan keberadaan candi ini terkait dengan Kerajaan Pannai yang merupakan eksistensi kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-11. Bahal sendiri diambil dari nama desa setempat. Sedangkan Portibi, dalam bahasa etnis Batak setempat, berarti dunia atau bumi. Dengan demikian, candi ini punya nama khusus dan unik sebagai Candi Dunia.

        Para ahli mengungkapkan tiga bangunan candi yang ditemukan di Bahal merupakan bagian dari 26 candi yang tersebar di Padang Lawas Utara, Tapanuli bagian Selatan. Karena lokasinya yang berada di tengah lapangan luas, masyarakat setempat sering menyebut Candi Padang Lawas atau "Candi di Lapangan yang Luas".

        Kompleks Candi Bahal terdiri dari tiga candi yang berjarak sekitar 500 meter. Beberapa kilometer dari Candi Bahal, juga ditemukan Kompleks Candi Pulo. Kompleks Candi Bahal terletak di tepi Sungai Batang Pane.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.