4 tahun yang lalu
Oleh: siti maysaroh

UAS PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup)

1. asas-asas Lingkungan

Apa sih asas-asas lingkungan hidup itu? Sebelum saya menyampaikan tentang macam-macam asas lingkungan, saya akan membahas terlebih dahulu pengertian tentang asas. Asas merupakan penyamarataan kesimpulan secara umum, yang kemudian digunakan sebagai dasar untuk menguraikan fenomena (gejala) dan situasi yang lebih spesifik. Asas dihasilkan dari pengamatan, penelaahan kemudian penelitian. bebrapa asas menjadi landasan pengetahuan yang digunakan untuk kegiatan dan tindakan kearah yang lebih tepat.

Asas-asas lingkungan hidup tidak lepas dari pengelolaan lingkungan, penyimpangan asas dapat mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan. Kodisi dan tata hubungan antar komponen lingkungan mempunyai keteraturan atau menganut asas tertentu. Asas lingkungan ini bermanfaat sebagai landasan dalam pengelolaan lingkungan. Keterbukaan dan peran serta masyarakat merupakan asas yang esensial dalam pengelolaan lingkungan yang baik, terutama didalam pencegahan pencemaran lingkungan. 

Asas-asas lingkungan hidup terbagi kedalam 14 macam asas, yang mana dari ke 14 macam asas tersebut dikelompokan menjadi 4 jenis asas diantaranya: asas sumber daya alam (asas 1-5), asas keanekaragaman (asas 6-8), asas stabilitas ekosistem (asas 9-12), asas populasi (asas 13 & 14).

1. Semua energy yang memasuki sebuah organisme (hidup) populasi atau ekosistem dapat dianggap sebagai energy yang tersimpan atau terlepaskan. Energy dapat diubah dari bentuk satu kebentuk yang lain, tetapi tidak dapat hilang, dihancurkan atau diciptakan.

Contohnya : sinar radiasi dari matahari yang mengenai permukaan bumi diubah menjadi energy kalor (panas) yang kemudian memanaskan daratan dan lautan temperature didaratan akan lebih cepat meningkat karena daratan memiliki massa lebih padat dibandingkan lautan.

2. Tidak ada sistem pengubah energy yang betul-betul efisien.

Contohnya : potongan sayur-sayuran yang sudah tidak dapat dimanfaatkan atau beberapa makanan yang sengaja dipisahkan karena tidak layak konsumsi, sayur dan sisa makanan yang sudah tidak dapat dimanfaatkan tersebut dapat dijadikan pupuk organik kemudian pupuk tersebut dapat dimanfaatkan tumbuhan sebagai unsur hara yang membantu pertumbuhan dan perkembangan.

3. Materi, energy, ruang, waktu dan keanekaragaman, semuanya termasuk kategori alam.

Contohnya : 

a. Sumber alam: segala sesuatu yang diperlukan oleh organisme hidup, populasi, ekosistemyang pengadaannya hingga ketingkat yang optimum, akan meningkatkan pengubahan energi.

b. Materi: hutan, laut, tambang.

c. Energi: gas bumi, air, minyak bumi, matahari.

d. Ruang : membantu/menghambat proses kawin.

e. Waktu: migrasi ketempat kondusif, mengejar teknologi modern Negara berkembang. 

4. Untuk semua kategori alam, kalau pengadaannya sudah mencapai optimum, pengaruh unit kenaikannya sering menurun dengan penambahan sumber alam itu sampai ke suatu tingkat maksimum. Melampaui batas maksimum ini tak aka nada ya ng menguntungkan lagi. Untuk semua kategori alam (kecuali keanekaragaman dan waktu) kenaikan pengadaannya yang melampaui batas maksimum, bahkan akan berpengaruh merusak karena kesan peracunan. Ini adalah asas penjenuhan, untuk banyak kendala sering berlaku kemungkinan penghancuran yanmg disebabkan oleh pengadaan sumber alam yang sudah mendekati batas maksimum.

Contohnya : wilayah perkotaan yang mengalami kepadatan populasi yang berlebihan akan berdampak merusak baik untuk manusia akibat persaingan yang kuat juga terhadap dampak lingkungan sekitar.

5. Ada dua jenis sumber alam dasar, yaitu sumber alam yang pengadaannya dapat merangsang penggunaan seterusnya dan yang tak mempunyai daya rangsang penggunaan lebih lanjut.

Contonya :

pengadaan energi : merangsang penggunaan 

Pengadaan makanan : tidak merangsang penggunaan (terbatas)

6. Individu dan spesies yang mempunyai lebih banyak keturunan  daripada saingannya, cenderung berhasil mengalahkan saingannya itu.

Contohnya : 

Ikan belut yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya ini akan membuat ikan belut mampu berkembang biak dibandingkan dengan hewan lainnya dikomunitas air sungai. Dengan kulitnya ini pula ikan belut mudah menggali tanah pada tepian sungai sebagai tempatnya berlindung.

7. Kemantapan keanekaragaman suatu komunitas lebih tinggi dalam lingkungan yang mudah diramal.

Contohnya :

Keadaan iklim yang stabil dalam waktu yang lama tidak saja akan melahirkan keanekaragaman spesies yang tinggi, tetapi juga akan menimbulkan keanekaragaman penyebaran kesatuan populasi.

8. Sebuah habitat dapat jenuh atau tidak oleh keaneka ragaman takson, bergantung kepada bagaimana nicia dalam lingkungan hidup itu dapat memisahkan takson tersebut.

Contohnya:

Burung dapat hidup dalam suatu keadaan lingkungan yang luas dengan spesies yang kurang beranekaragam, karena burung mempunyai kemampuan menjelajah.

9. Keanekaragaman komunitas apa saja sebanding dengan biomassa dan produktivitas.

Contohnya:

Spesies bertambah dan terdapat juga tumbuhan dalam bentuk komunitas tumbuhan yang berlapis-lapis.

10. Pada lingkungan yang stabil perbandingan antara biomassa dan produktivitas dalam perjalanan waktu naik mencapai mencapai sebuah asimtot.

Contohnya: 

Apabila suatu masyarakat berkembang semakin maju, memang secara keseluruhan ada penurunan harga energy per unit produksi kotor nasional, tetapi juga pada waktu yang sama produksi kotor nasional perkapita naik dengan sangat cepat, sehingga terdapat peningkatan pengeluaran energy perorang.

11. Sistem yang sudah mantap (dewasa) mengeksploitasi sistem yang belum mantap (belum dewasa).

Contohnya:

Cendikiawan yang berasal dari daerah enggan kembali keasalnya karena taraf keanekaragaman penghidupan kota besar lebih tinggi dari daerah asalnya.

12. Kesempurnaan adaptasi suatu sifat atau tabiat bergantung kepada kepentingan relatifnya didalam keadaan suatu lingkungan.

Contohnya:

Adaptasi secara tiba-tiba oleh serangga dan ikan yang berwarna semarak didaerah tropika yang kaya keanekaragaman.

13. Lingkungan yang secara fisik mantap memungkinkan terjadinya penimbunan keanekaragaman biologi dalam ekosistem yang mantap dan kemudian dapat mengalahkan kemantapan populasi.

Contohnya:

Jumlah spesies tumbuhan dan hewan habis dieksploitasi oleh manusia dan menyebabkan semakin lama jumlahnya semakin sedikit. Maka dari itu, diperlukan suatu ilmu untuk menjaga ekosistem ini tetap berjalan baik.

14. Derajat pola keteraturan naik turunnya populasi bergantung kepada jumlah keturunan dalam sejarah populasi sebelumnya yang nanti akan mempengaruhi populasi itu.

Contohnya:

Burung elang sangat bergantung pada tikus tanah sebagai sumber makanan utama, dan tikus tanah sangat bergantung pada jenis tanah tertentu untuk hidupnya.

Ilmu lingkungan yang sudah berkembang dan banyak mengeluarkan hasil, model dan teori yang semakin meningkat jumlahnya harus didasari oleh asas yang kokoh dan kuat. 


2. SUMBER DAYA ALAM 

Apakah sumber daya alam itu?

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya alam pada umumnya, berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak berlebihan. Misalnya tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angina, dan air. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah dialam penggunaannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adaah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas karena penggunaannya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan terus-menerus akan habis. Misalnya minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya yang pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas.

Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan terbatas jumlahnya. Ada 5 kategori yang kini dianggap termasuk sumber daya alam, yaitu:

1. Energi, sumber energi primer adalah matahari, angina, fosil, geothermal, nuklir, dan lainnya.

2. Materi, materi yang dimaksud adalah semua jenis unsur atom, oksigen, karnbon, hydrogen, nitrogen, dan lainnya.

3. Lahan, indonensia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam, dan perlu dijaga dan dilestarikan.

4. Waktu, waktu sangat terbatas sebagai Negara berkembang bagaimana penggunaan waktu kita untuk membangun.

5. Keanekaragaman, keragaman jenis mahluk hidup, tumbuhan, hewan termasuk manusia, perlu dilindungi.

Suatu daerah yang memiliki sumberdaya alam melimpah tentu masyarakatnya akan hidup dengan makmur dan tidak diragukan lagi apabila daerah tersebut pembangunannya merata. Apalagi jika didaerah itu memiliki sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengelola sumber daua alam tersebut dengan bijak dan adanya upaya pemerintah setempat untuk melaksanakan pembangunan daerah.


3. IPTEK dan IPTEL

Apa itu Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)?

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang biasa dikenal dengan sebutan IPTEK saat ini sangat menguasai dunia. Hampir semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia setiap harinya memerlukan IPTEK dan semua yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari juga berasal dari IPTEK contohnya: seperti pakaian, peralatan masak dan makan, peralatan sekolah dan lainnya. Kehidupan manusia saat ini sangat melekat dengan IPTEK. Dan seperti tidak dapat dipisahkan karena keberadaan IPTEK sangat membantu dan memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi itu sendiri diciptakan dengan tujuan memudahkan pekerjaan manusia oleh karena itu dengan adanya teknologi manusia merasa sangat membantu.

Namun perkembangan IPTEK tidak hanya selalu berdampak positif tetapi banyak juga pengaruh-pengaruh dampak negatif yang terjadi akibat IPTEK. diantaranya yaitu:

a. Mempengaruhi pola pikir, tidak hanya pada anak-anak namun pengaruh pola pikir juga terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Terlebih lagi jika setiap harinya masyarakat disajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari berbagai media. 

b. Hilangnya budaya tradisional, salah satu contohnya yaitu seperti kegiatan perdagangan yang biasanya banyak transaksi kini sekarang belanja tidak perlu transaksi tetapi bisa melalui media, hilangnya jabat tangan kini sekarang semua bisa dilakukan dengan media.

c. Banyak menimbulkan berbagai kerusakan, kini Indonesia sekarang dikenal sebagai Negara yang sedang berkembang dan terus berkembang. Dan kita juga tidak tahu kapan Negara berkembang dapat dikatakan sebagai Negara maju. Seperti saat ini banyak bencana dimana-mana akibat dari kerusakan struktur lingkungan akibat perubahan lingkungan yang bertujuan untuk menjadikan Negara menjadi Negara berkembang, tetapi melupakan bahwasannya pembangunan mengarah kepada Negara berkembang tetapi berdampak kerusakan bagi Negara itu sendiri akibat kurang matangnya konsep pembangunan.

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang terjadi saat ini memang dapat menimbulkan dampak yang positif bagi masyarakat untuk memudahkan aktifitas sehari-hari. Akan tetapi tidak sedikit dampak negatif juga dapat terjadi dalam IPTEK terkait dengan pendidikan. Maka kita sebagai manusia yang memiliki akar pikiran, kita harus berpikir untuk menggunakan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari, berpikir sebelum melakukan suatu hal, karena segala sesuatu memiliki dampak positif dan negatif. Maka bijaksanalah dalam menghadapi dan dalam menerima segala perkembangan IPTEK.

Apa itu itu pengetahuan lingkungan?

Pengetahuan lingkungan merupakan pengetahuan yang mengkaji hubungan mahluk hidup dengan lingkungannya dalam hubungannya dengan dampak kehidupan manusia serta berupaya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Pendidikan berwawasan lingkungan sangat penting karena dunia sekarang mengalami ketidakseimbangan berbagai upaya harus terus dilakukan untuk menangulangi permasalahan lingkungan dan untuk memahami kepentingan lingkungan jangka panjang. Salah satu upaya penting itu adalah diadakannya pendidikan lingkungan untuk membangun akan kesadaran masyarakat akan lingkungan.

Tujuan dalam mempelajari pengetahuan lingkungan:

a. Untuk memberikan pemahaman mengenai konsep-konsep dasar tentang manusia dan lingkungan.

b. Untuk mengetahui dasar-dasar kemampuan untuk melakukan analisis mengenai permasalahan lingkungan 

c. Untuk memahami solusi alternatif tentang bagaimana mengatasi permasalahan lingkungan melalui pendekatan ekologis dan penerapan teknologis.

Lingkungan merupakan tempat tinggal semua mahluk hidup, lingkungan aman dan nyaman merupakan tempat tingal yang diperhatikan oleh mahluk hidup.


4. PERTAMBANGAN

Pertambangan adalah?

Menurut undang-udang nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara adalh sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksploitasi, study kelayakan, konstruksi, penambangan, pengilahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pasca tambang.

Mengapa Indonesia sangat kaya akan hasil pertambangan?

Karena Indonesia merupakan Negara yang terletak diantara lempeng Eurasia dan pasifik “pacific ring of fire” yang terbentuk dari hasil lempeng muda serta berada didaerah cincin.

Pertambangan diindonesia bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian rakyat, meningkatkan barang dan transportasi dan lebih mudah menemukan barang hasil tambang dari pada harus di imfor dari Negara lain karena dinegara kita juga banyak sekali bahan-bahan tambang. Kekayaan alam sudah sepatutnya dikembangkan untuk kemaslahatan masyarakat.

Apa fungsi dari pertambangan itu bagi perekonomian Indonesia?

a. Dapat menggerakan roda perekonomian Indonesia.

b. Menambah pendapatan Negara.

c. Memperluas lapangan kerja.

d. Memajukan bidang transportasi dan komunikasi.

e. Memajukan industry dalam negeri.

f. Minyak bumi dan gas alam sebagai bahan bakar atau sumber energy.

g. Pasir atau batu sebagai bahan bangunan, emas, intan dan perak, sebagai perhiasan.

Pertambangan tidak melulu sebagai perusak lingkungan melainkan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, seperti bahan tambang juga berperan penting bagi manusia karena memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Maka kerusakan lingkungan akibat penambangan itu tergantung pada oknum yang tidak memikirkan resiko tinggi dampak lingkungan baik fisik maupun sosial, atau salah dalam mempergunakan hasil dari sumberdaya alam diindonesia sehingga dapat merusak lingkungan.


5. INDUSTRI

Pertumbuhan ekonomi merupakan peran yang sangat penting guna untuk menganalisis suatu pembangunan ekonomi yng gterjadi pada suatu Negara atau disuatu wilayah yaitu pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi juga merupakan masalah dari perekonomian dalam waktu jangka panjang. Oleh sebab itu tingkat pertumbuhan ekonomi harus lebih tingi daripada laju pertumbuhan penduduk supaya meningkatnya pendapatan perkapita dapat tercapai. Dimana dalam persoalan pokok pembangunan disuatu daerah terletak pada sumber daya dan potensi yang telah dimiliki guna untuk menciptakan peningkatan jumlah dan suatu jenis peluang kerja untuk masyarakat disuatu daerah atau disuatu wilayah itu sendiri.

Untuk terwujudnya dari suatu tujuan itu, harus adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat itu sendiri untuk dapat mengidentifikasi suatu potensi-potensi yang berada didalam suatu daerah yang sangat diperlukan sebagai kekuatan itu sendiri untuk suatu pembangunan perekonomian disuatu wilayah. 

Perekonomian yang kuat disuatu Negara sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, karena perekonomian yang kuat dapat menjadikan tolak ukur kemakmuran masyarakat pada suatu Negara. Untuk saat ini adalah dengan membangun klaster industry yaitu dengan cara mengelola adanya kerjasama yang terutama dalam berbagai pengetahuan diantara para anggota klaster.


6. kesimpulan/ide atau upaya yang dapat diberikan untuk lingkungan,

1. penanganan sampah air sungai, dengan membuat waduk dan gorong-gorong disetiap titik untuk daerah resapan air atau penampungan air untuk bisa di aliri disawah-sawah, setiap waduk dan disetiap gorong-gorong diberi penyaring sampah sehingga air yg keluar tidak berbarengan dengan sampah. dan disetiap gorong-gorong yang sudah diberi penyaring sampah selalu ada penjaga guna mengatur kestabilan air, apa bila tumpukan sampah tak dapat lg disaring maka sampah pun harus diangkat ditrmpatkan sebagaimana mestinya.

2. aliran air untuk desa-desa, banyak sekali masyarakat(terutama para petani) yang merasa kecewa dengan aliran air didesa-desa karena banyak sawah disekitar yang tak bisa tanam sebagai mana mestinya yang biasa tanam 2 sampai 3 kali dalam satu tahun kini terkadang 1 tahun pun tidak tanam, karena dengan ada nya peristiwa tanam yg tidak stabil membuat para petani enggan merawat sawahnya dan melepas sawahnya kepada pelelang sawang guna dijadikan kloster-kloster bangunan pemukiman yg berbasis kpr.

3. menggerakan para rt/rw untuk mengajak masyarakat atau penduduk untuk menanam pohon ditiap rumah minimal 3 tanaman tahunan, guna memperlancar resapan air.

4. mengajak warga rt untuk penyuluhan akan kesadaran lingkungan agar tidak.membuang sampah di sembarang trmpat, serta memberikan arahan untuk mengelola sampah menjadi daur ulang untuk dijadikan produk yg bermanfaat. salah satu contohnya kerajinan tangan untuk sampah plastik, dan pembuatan pupuk mol dari bahan sisa sisa makanan. 

5. mengadakan pengarahan kepada warga yang tinggal di sekitaran sungai yang mengarah kelaut lepas untuk menanam mangrove dan memperluas tanaman mangrove demi menstabilkan gelombang air laut agar tidak sampai kedaratan atau mengurangi banjir rob salah satunya.

6. saya berharap pemerintah menutup pabrik pabrik plastik dan mengganti bahan plastik dengan kertas yang kokoh yang dibuat untuk fungsi yang sama seperti plastik, demi mengurangi sampah plastik. atau bahkan demi mengurangi penggunaan plastik atau bahkan tidak perlu menggunakan plastik.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.