4 tahun yang lalu
Oleh: Lilis Agustin

Tambang Emas Martabe

Assalamualaikum.. 

Perkenalkan nama saya Lilis Agustin saya lahir di desa Aek Pining desa yang sederhana namun kaya dengan hasil alamnya salah satu hasil alam yaitu kandungan emas yg sekarang di jalankan oleh perusahaan Tambang Emas Martabe kini telah menjadi salah satu sumber mata pencarian bagi warga desa bahkan dari luar kecamatan dan provinsi.

Tambang Emas Martabe dikelola oleh PT Agincourt Resources yg terletak di desa Aek Pining, kecamatan Batang Toru, kabupaten Tapanuli Selatan, provinsi Sumatra Utara. Tambang Emas Martabe dimulai sejak tahun 2008.

Sumberdaya dan Cadangan

Terdapat enam deposit mineral terdefinisi di Tambang Emas Martabe. Deposit tersebut masuk ke dalam jenis yang di kenal sebagai epiternal sulfidasi tinggi dan terdiri dari wilayah mineralisasi berskala besar.

Per Desember 2012, sumberdaya mineral Tambang Emas Martabe adalah 8,8 juta ons emas dan 72 juta ons perak. Cadangan bijih emas meningkat dari 3,2 juta ons menjadi 4,7 juta ons di tahun 2017.

Explorasi

Tambang Emas Martabe juga berfungsi sebagai program eksplorasi regional perusahaan. Fasilitas eksplorasi site meliputi kantor, core Shed, dan pangkalan operasi helikopter.

Penambangan

Penambangan di Tambang Emas Martabe merupakan penambangan terbuka (open-cut). Kegiatan penambangan terdiri dari survei dan perencanaan, analis geoteknik, pengeboran, kontrol kadar bijih, peledakan, pengangkutan batuan buangan (waste rock) dan biji serta benimbangan bijih.

Pengolahan

Fasilitas pengolahan di Tambang Emas Martabe merupakan pabrik carbon-in-leach (CIL) konvensional dengan kapasitas rancangan sebesar 4,5 juta ton bijih per tahun.

Itu lah dia sedikit pemaparan dari saya tentang Tambang Emas Martabe yang ada di Tapanuli Selatan

Nah karena saya juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, maka dari itu jika ada kesalahan kata maupun penyampaian saya yg kurang tepat saya mohon maaf&#128591

Wassalamu'alaikum wr.wb 😊😊

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.